Tips

Pakai Sedikit Api, Trik Pasang Ban Ini Sangat Praktis

Apa hubungannya api dengan pasang ban?

Angga Roni Priambodo | Cesar Uji Tawakal

Ilustrasi ban mobil. (pexels)
Ilustrasi ban mobil. (pexels)

Mobimoto.com - Saat ini dalam urusan ganti-mengganti ban memanglah lebih praktis dari jaman dulu. Saat ini banyak mesin otomatis yang tersedia baik di toko-toko ban moderen ataupun di penyedia alat-alat dan mesin. Cara kerja dari alat inipun juga mudah, tinggal pasang ban, nyalakan, otomatis si karet bundar sudah terganti.

Dongkrak mobil, sebelum melepas bannya. (pixabay.com)
Dongkrak mobil, sebelum melepas bannya. (pixabay.com)

 

Berbeda dengan jaman dahulu di mana para tukang ban masih harus berjibaku menggunakan alat yang serupa dengan linggis untuk mengganti karet ban. Pemasangan dengan cara ini tentu lebih mengeluarkan banyak tenaga dibandingkan dengan yang menggunakan alat otomatis. Namun tidak jika kamu mengetahui trik ini.

Triknya adalah menggunakan cairan yang mudah terbakar. Cairan ini bakal mempengaruhi tekanan udara dalam ban sehingga membuat ban otomatis akan 'merekat' dengan pelek.

Trik ini tentu sedikit mengurangi pekerjaanmu dalam mengganti ban, terutama untuk membuat ban tersebut 'duduk sempurna' melekat dengan pelek tanpa harus repot-repot menggunakan alat yang berbentuk seperti linggis. Praktis kan?

Berita Terkait

Berita Terkini