Tips

Mobil Jarang Dipakai tetap Wajib Servis Berkala, Ini Alasannya

Servis berkala itu wajib hukumnya, nggak peduli apapun alasannya.

Angga Roni Priambodo

Mesin Avanza. (toyota.astra.co.id)
Mesin Avanza. (toyota.astra.co.id)

Mobimoto.com - Melakukan servis berkala menjadi agenda wajib untuk menjaga performa mobil tetap prima. Namun dalam durasi berapa lamakah  sebaiknya mobil melakukan servis berkala? Kemudian apa yang seharusnya menjadi patokan, jarak tempuh atau waktu pemakaian?

Mengutip laman resmi Auto2000, servis berkala sebaiknya dilakukan berdasarkan penggunaan waktu (time-based), yaitu tiap enam bulan sekali.

Lalu bagaimana bila mobil jarang dipakai sehingga jarak tempuh tidak bertambah?

"Tetap saja harus servis berkala tiap enam bulan sekali. Karena saat mobil diam, terjadi proses oksidasi dari uap air yang berada di sekitar mobil," tulis Auto2000.

Sebab lambat-laun, air akan bercampur dengan oli mesin dan merusak senyawa kimia pelumas. Termasuk pula bercampur dengan cairan mobil lainnya seperti minyak rem, minyak kopling, dan oli transmisi.

Komponen mesin yang tidak bergerak juga menjadi rentan dihinggapi oleh karat dari proses oksidasi lantaran tidak pernah mendapatkan pelumasan dari oli. Komponen berbahan karet juga akan menjadi getas dan bakal rontok begitu diajak kerja berat.

Namun bila mobil sering dipakai harian, pastikan kendaraan Anda diservis saat jarak tempuhnya sudah memenuhi syarat, meski waktunya belum. Artinya, jika sudah menyentuh jarak tempuh 10.000 km, segera lakukan servis berkala walau belum sampai enam bulan pemakaian.

Ilustrasi pelumas mobil. [Shutterstock]
Ilustrasi pelumas mobil [Shutterstock].

Dengan jarak tempuh sejauh itu, mestinya kotoran yang larut ke dalam oli mesin dan transmisi akibat gesekan antarkomponen, sampai debu yang menyusup sudah cukup banyak, dan bisa merusak senyawa kimia oli jika terlambat diganti.

Selain itu, tentunya komponen mekanis lain seperti suspensi, ban, rem, dan kemudi sudah waktunya dicek untuk melihat adanya potensi kerusakan akibat pemakaian. Termasuk penggantian filter dan seting komputer mesin supaya bisa kembali fit.

Oleh sebab itu, kalau mobil lebih banyak dipakai di perkotaan dengan kondisi stop and go tinggi, lebih baik menggunakan patokan waktu (time-based) untuk menentukan interval servis berkala.

Suara.com/Manuel Jeghesta Nainggolan.

Berita Terkait

Berita Terkini