Tips

Ini Manfaat Spooring dan Balancing Ban Mobil Secara Rutin, Penting Nih

Ban menjadi salah satu komponen penting pada kendaraan, termasuk mobil.

Angga Roni Priambodo

Ilustrasi Bengkel Spooring dan Balancing Roda Mobil. (Facebook/Ifan Ramadhana)
Ilustrasi Bengkel Spooring dan Balancing Roda Mobil. (Facebook/Ifan Ramadhana)

Mobimoto.com - Ban adalah salah satu komponen terpenting pada sebuah kendaraan, termasuk mobil. Oleh karena itu ban tentu memerlukan perhatian khusus layaknya komponen lain. Terlebih ban merupakan satu-satunya komponen yang bersentuhan langsung dengan aspal.

Menurut Gunawan, Manager Operasional Carfix Indonesia, salah satu perawatan yang perlu dilakukan agar ban tetap berfungsi dengan baik adalah dengan melakukan spooring dan balancing.

"Spooring agar ban habisnya rata, tidak makan bagian samping saja. Karena jika posisi ban tidak lurus, dan beda satu derajat umur ban berkurang tujuh persen, dan seterusnya," ujar Gunawan di Bengkel Carfix, Pondok Indah, beberapa waktu lalu.

Ban mobil dengan desain tertentu cocok digunakan untuk daerah licin. (thetelegraph.co.uk)
Ban mobil. (thetelegraph.co.uk)

Ia menambahkan, menyetel ban mobil juga memiliki peran penting dalam menjaga keutuhan ban. Dengan menyelaraskan antara roda bagian kanan dan kiri, maka risiko ban rusak akan berkurang.

"Ban mobil disetel tujuannya agar kena lubang tidak rusak, dan hanya setelan yang berubah dan bisa disetel lagi. Jika dilihat dari intervalnya, biasanya 10 ribu km," jelas Gunawan.

Terakhir Gunawan mengatakan, keuntungan yang bisa didapat dari balancing adalah meningkatkan kenyamanan berkendara dan tentunya dapat mengetahui kondisi ban, velg, dan baut pada mobil.

Karena itu, jangan malas spooring dan balancing ban mobilmu ya!

Suara.com/Manuel Jeghesta Nainggolan.

Berita Terkait

Berita Terkini