Tips

4 Tips Ampuh Cegah Karat Mobil, Penting Nih

Bodi mobil berkarat? Nggak banget deh.

Angga Roni Priambodo | Husna Rahmayunita

Membersihkan mobil.
Membersihkan mobil.

Mobimoto.com - Masalah mobil berkarat sering dikeluhkan banyak pengendara. Untungnya, ada tips ampuh yang bisa digunakan untuk mencegah masalah tersebut.

Karatan biasanya muncul di bagian bawah. Hal itu bisa disebabkan oleh beberapa faktor seperti: terlalu sering terpapar sinar matahari, terkena air hujan, cuci mobil kurang bersih dan goresan kerikil.

Untungnya mobil keluaran terbaru sudah banyak yang dilengkapi dengan lapisan anti karat. Jadi kemungkinan mesin mobil bagian bawah berkarat cukup bisa diminamalisir dalam waktu tertentu.

Walau begitu, tidak ada salahnya menyimak tips ampuh mencegah mobil karatan seperti yang dikutip dari berbagai sumber berikut ini.

1. Parkir di tempat tertutup

Memarkir mobil di tempat tertutup bisa mencegah karatan. Secara otomatis, saat kendaraan di dalam ruangan tidak akan mudah terpapar sinar matahari dan terkena air yang dapat menimbulkan korosi.

2. Cuci mobil secara rutin

Ilustrasi cuci mobil. [Shutterstock]
Ilustrasi cuci mobil. [Shutterstock]

Tips kedua untuk menghindari karatan yakni mencuci mobil secara rutin. Untuk hasil maksimal alangkah lebih menggunakan teknik steam. Jadi bisa dilihat komponen mana yang masih kotor dan berair

3. Gunakan pelapis anti karat

Di pasaran telah tersedia berbagai merek cairan anti karat. Pilihlah satu yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan untuk mencegah karat di mobil kesayangan.

4. Pengecekan berkala

Mencegah mobil karatan bisa dilakukan dengan rutin mengecek komponen mobil. Dengan cara itu, pemilik bisa melihat bagian mana yang mulai berkarat dan langsung bisa mengambil tindakan.

Berita Terkait

Berita Terkini