Tips

Blok Mesin Motor Anda Dekil dan Bikin Ilfil? Ini Tutorial Membersihkannya

Mesin motor Anda kelewat kotor? Noda membandel? Begini solusinya.

Cesar Uji Tawakal

Suzuki Katana. (globalsuzuki.com)
Suzuki Katana. (globalsuzuki.com)

Mobimoto.com - Banyak orang yang tidak mengetahui cara membersihkan blok mesin sepeda motor, sehingga sering tak peduli.

Padahal jika dibiarkan, bisa saja hal ini menyebabkan kerusakan mesin. Suku cadang mesin dapat dibersihkan di rumah, jika Anda tahu caranya.

Penting untuk membersihkan blok mesin secara teratur dan menghindari kemungkinan kerusakan. Selain itu, tampilan mesin juga akan lebih bersih dan menarik.

Dikutip dari situs resmi Suzuki Indonesia, begini tutorial membersihkan blok mesin yang benar.

Ilustrasi Mesin Motor/pixabay.com
Ilustrasi Mesin Motor/pixabay.com

Siapkan bahan-bahan yang diperlukan

Untuk membersihkan unit motor, diperlukan beberapa alat, antara lain sikat gigi, dan Anda bisa menggunakan sikat gigi bekas.

Juga termasuk kuas cat, mangkuk plastik atau wadah semacam itu, amplas halus, sedikit bensin, dan sabun cuci piring. Barang-barang tersebut tentunya sangat mudah didapatkan bukan?

Motor harus bersih

Bagian blok mesin dari mesin adalah bagian yang mudah kotor. Kotoran yang menempel pada bagian ini bisa disebabkan oleh oli yang merembes ke dalam mesin, atau bisa juga disebabkan oleh kotoran dari luar.

Sebelum membersihkan bagian blok mesin motor ini, sebaiknya kendaraan berada dalam keadaan bersih.

Dengan kata lain, sebelum membersihkan blok mesin motor, lebih baik motor dicuci dahulu secara keseluruhan.

Karena setelah semua kotoran dan debu hilang, maka tugas selanjutnya adalah membersihkan kerak, karat dan kotoran lainnya yang tidak bisa hilang saat motor dibersihkan dengan cara dicuci.

Siapkan Larutan Pembersih

Untuk membersihkan blok mesin motor, dibutuhkan bahan pembersih. Pembersih blok mesin motor ini bisa dibuat sendiri dengan menggunakan bahanbahan yang sederhana, yaitu bensin dan cairan pembersih piring.

Cairan pencuci piring ini memiliki efek membersihkan blok mesin dari kotoran akibat rembesan oli.

Campuran pembersih ini cukup mudah dibuat. Pertama, Anda siapkan mangkuk plastik atau wadah serupa, lalu isi sekitar setengah gelas dengan bensin.

Kemudian campur dengan jumlah cairan pencuci piring yang tepat, aduk rata dan larutan pembersih siap digunakan.

Lumasi permukaan blok mesin dengan larutan detergen

Cara membersihkan blok mesin selanjutnya adalah dengan mengoleskan larutan pembersih yang telah disiapkan sebelumnya ke seluruh bagian blok mesin. Aplikasi cairan pembersih ini bisa dilakukan dengan kuas.

Pastikan semua permukaan dan bagian blok mesin terlapisi larutan pembersih secara merata.

Untuk area yang sulit dijangkau, seperti di antara permukaan yang sulit dijangkau, sikat gigi bekas dapat digunakan untuk mengoleskan larutan pembersih.

Setelah semua bagian blok mesin dilapisi dengan larutan pembersih, langkah selanjutnya adalah diamkan beberapa saat.

Lakukan agar larutan pembersih dapat menembus seluruh bagian blok mesin, sehingga menghilangkan semua kotoran.

Setelah semua bagian dioles dengan cairan pembersih, bersihkan blok mesin motor dengan menggunakan kuas.

Sapu dengan kuas sampai seluruh kotoran yang menempel rontok. Untuk bagian yang sulit, bisa dengan menggunakan sikat gigi.

Karena cairan pembersih yang digunakan mengandung bensin, maka jangan sampai cairan pembersih tersebut mengenai bodi motor, karena akibatnya bisa fatal.

Bilas Dengan Air Bersih

Setelah semua bagian dari blok motor dibersihkan dengan menggunakan kuas dan sikat, langkah selanjutnya untuk membersihkan blok mesin motor adalah dengan membilasnya dengan menggunakan air bersih.

Hal ini bertujuan untuk menghilangkan kotoran yang belum bisa dibersihkan semuanya.

Untuk membilas dengan menggunakan air ini akan sangat efektif apabila dilakukan dengan menggunakan selang bertekanan tinggi.

Tujuannya adalah agar kotoran pada bagian yang tersembunyi seperti pada selasela, bisa terkikis dengan mudah oleh semprotan air berkekuatan tinggi.

Berita Terkait

Berita Terkini