Events

Klasemen MotoGP: Kompetisi Belum Usai, Masih Ada 'Sikut-Sikutan'

Masih banyak persaingan yang belum usai!

Dany Garjito | Cesar Uji Tawakal

Balapan MotoGP 2018 di Red Bull Ring. (ultimatemotorcycling.com)
Balapan MotoGP 2018 di Red Bull Ring. (ultimatemotorcycling.com)

Mobimoto.com - MotoGP musim 2018 tinggal menyisakan dua seri balapan lagi. Setelah GP Australia yang berlangsung di Sirkuit Philip Island pada hari Minggu (28/10), balapan akan berlangsung di Malaysia dan di Valencia. Juara musim inipun juga sudah ditentukan. Adalah Marc Marquez, pembalap Repsol Honda ini berhasil meraih gelar ketujuhnya pada ajang kejuaraan dunia ini.

Walau demikian, apakah berarti MotoGP musim ini sudah tidak seru? Tentu saja tidak. Tak hanya perebutan juara, berikut beberapa persaingan yang masih panas di ajang MotoGP.

Klasemen pembalap MotoGP pasca balapan Australia. (motogp.com)
Klasemen pembalap MotoGP pasca balapan Australia. (motogp.com)

1. Perebutan Runner-Up

Walaupun bakal 'cuma' mendapat 'trofi perak', perebutan runner-up masih bisa dibilang cukup panas. Ada tiga pembalap yang memperebutkan posisi ini, yakni Andrea Dovizioso, Valentino Rossi, dan Maverick Vinales. Dengan total 50 poin yang masih bisa diperebutkan, ketiga pembalap ini masih berpeluang 'saling gusur' satu sama lain. Posisi kedua, Dovizioso terpaut 30 poin dari Vinales dan 15 poin dari Rossi.

2. Pembalap saltelit terbaik

Cal Crutchlow yang harus absen lantaran cedera berpeluang untuk 'dilangkahi' oleh Johann Zarco dan Danilo Petrucci, namun Zarco yang crash di balapan Australia dan Petrucci yang melebar, mengakibatkan dirinya kehilangan banyak poin membuat perolehan angka masing-masing pembalap tidaklah terpaut jauh dan masih bisa terjadi 'kejar-kejaran'.

Klasemen tim-tim MotoGP pasca balapan Australia. (motogp.com)
Klasemen tim-tim MotoGP pasca balapan Australia. (motogp.com)

3. Klasemen Konstruktor

Perebutan juara klasemen konstruktor masih terbuka antara Honda yang menempati posisi pertama unggul 39 poin dari Ducati. Tak hanya itu, KTM dan Aprilia-pun juga 'berjibaku sikut-sikutan' menghindari posisi juru kunci dengan selisih 6 poin.

4. Juara Tim

Jika Repsol Honda cuma mengandalkan jaura dunia, Marc Marquez maka bukan tidak mungkin mereka akan digusur dari posisi puncak oleh tim Movistar Yamaha yang mengandalkan duet Maverick Vinales dan Valentino Rossi. Pasalnya duo Yamaha ini mulai mengalami peningkatan performa di beberapa balapan terakhir.

Itulah beberapa kompetisi yang masih hangat di ajang MotoGP yang menyisakan dua balapan lagi.

Berita Terkait

Berita Terkini