Mobil

Replika Mobil Pertama Mercedes-Benz Ini Dijual Lho

Aslinya, kendaraan ini dibuat oleh Karl Benz pada 1885, dan tampil perdana pada 3 Juli 1886.

Agung Pratnyawan

Benz Patent-Motorwagen
Benz Patent-Motorwagen

Mobimoto.com - Mercedes-Benz kini dikenal sebagai produsen mobil kelas atas. Namun sebelum menjadi seperti sekarang ini, Mercedes-Benz telah melewati perjalanan yang panjang.

Untuk memberikan pernghargaan atas produk masa lalu inilah yang menjadi dasar bagi Mercedes-Benz Classic untuk memasarkan produk replika Benz Patent-Motorwagen.

Aslinya, kendaraan ini dibuat oleh Karl Benz pada 1885, dan tampil perdana pada 3 Juli 1886. Selanjutnya mobil baru itu masuk tahap produksi enam tahun berikutnya, dan hanya tersedia 25 unit.

Di masa itu, Patent-Motorwagen dijual seharga 600 Mark Jerman, jika saat ini nilainya bisa mencapai lebih dari 4.000 dolar AS atau sekitar Rp 57.000.000.

Bila disimak, tentu saja Patent-Motorwagen terlihat asing. Lebih mirip delman terbuka tanpa kuda, tetapi diganti dengan tiga roda berjeruji.

Cara pengoperasiannya, seperti dikutip dari Carcoops, masih menggunakan kontrol tangan. Jelas di sini tidak tersedia pedal gas seperti mobil zaman now.

Tenaganya mengandalkan mesin berkapasitas 954 cc satu silinder empat langkah. Dengan sumber tadi, mobil mampu berlari dengan tenaga di bawah 1 daya kuda pada 400 rpm.

Namun, untuk produk replika Patent-Motorwagen, tenaga yang dipasok mencapai 2 daya kuda, sehingga mampu membuatnya melesat hingga 16 kilometer per jam.

Kini mobil klasik replika ini sudah masuk dalam daftar penjualan di German Marque’s All Time Stars, pakar penjual produk khusus di Jerman. Namun sayangnya tidak ada keterangan berapa harga replika mobil bersejarah ini bakal dipasarkan.

Berita Terkait

Berita Terkini