Mobil

Mercedes-Benz 11/40, Mobil Impian Adolf Hitler

Adolf Hitler menjatuhkan pilihan pada Mercedes-Benz 11/40 warna abu-abu dengan ban berkelir putih.

Agung Pratnyawan

Benz Runabout type 11/40 hp, 1923 [mercedes-benz-publicarchive.com]
Benz Runabout type 11/40 hp, 1923 [mercedes-benz-publicarchive.com]

Mobimoto.com - Siapa yang menyangka, Mercedes-Benz 11/40 adalah mobil impian Pemimpin NAZI, Adolf Hitler. Bahkan Hitler pernah mengajukan cicilan untuk mobil ini.

Hal ini terungkap setelah surat permohonan yang ditulis Hitler dari balik jeruji seperti dilansir Suara.com.

Dalam suratnya, tokoh berpengaruh tersebut menjatuhkan pilihan pada 11/40 warna abu-abu dengan ban berkelir putih. Hal ini terjadi pada 1924, ketika NAZI belum berkuasa dan jadi mesin politik yang menakutkan.

"Hal tersulit bagi saya pada saat ini adalah karena royalti hasil kerja keras saya belum bisa cair sampai pertengahan Desember," tulis Hitler untuk Jakob Ferlin, pemilik diler Mercedes-Benz.

"Jadi saya terpaksa meminta pinjaman atau uang muka. Ini akan jadi bantuan besar," tambahnya.

Adolf Hitler dan Mercedes-Benz 11/40 [militaryhistorynow.com]
Adolf Hitler dan Mercedes-Benz 11/40 [militaryhistorynow.com]

Adapun harga Mercedes-Benz 11/40 saat itu, mencapai 18 ribu Reichsmark (mata uang Jerman kala itu). Agar permohonannya dikabulkan, Hitler juga menerangkan bagaimana kondisi keuangannya yang begitu sulit jika harus membayarnya secara tunai.

"Saya tidak mampu membeli mobil setiap dua sampai tiga tahun. Saya juga tidak bisa membayar biaya perbaikan," ungkap Hitler dalam suratnya.

Sayangnya, dalam hal ini tidak ada informasi apakah surat tersebut sampai ke tangan diler atau akhirnya diler memberikan bantuan.

Adapun kopian surat ini ditemukan di pasar loak, sekitar lima tahun yang lalu. Keasliannya telah dikonfirmasi oleh Bavarian State Archive. Surat aslinya sudah hilang, sedangkan kopiannya sudah dilelang sekitar 2010.

Berita Terkait

Berita Terkini