Mobil

Siap-Siap, Euro 4 Segera Diterapkan di Indonesia

Saat ini, Indonesia masih menggunakan standar Euro 2 yang dibuat pada 1996. Sebentar lagi, Indonesia akan menerapkan standar Euro 4 agar kualitas udara di Indonesia lebih baik lagi.

Agung Pratnyawan | Praba Mustika

Logo Euro 4/gaikindo.or.id
Logo Euro 4/gaikindo.or.id

Mobimoto.com - Untuk menekan emisi gas buang kendaraan bermotor, Uni Eropa mengeluarkan standarisasi bahan bakar sejak 1990, dimulai dengan Euro 1 hingga yang terbaru adalah Euro 6 pada 2014.

Bagaimana dengan Indonesia? Sampai saat ini, Indonesia masih menggunakan standar Euro 2 yang dibuat pada 1996.

Sekitar bulan Oktober tahun lalu, pemerintah telah merencanakan bahwa Indonesia akan menerapkan Euro 4 mulai Oktober 2018.

Ilustrasi knalpot mobil [pixabay].
Ilustrasi knalpot mobil [pixabay].

Standar emisi Euro 4 jelas jauh lebih baik ketimbang Euro 2 yang masih berlaku di Indonesia.

Karena Euro 4 lebih menekan kadar sulfur di mesin bensin dan solar. Euro 2 membatasi angka sulfur di 500 ppm sedangkan Euro 4 di angka 50 ppm.

Untuk kamu yang masih menggunakan kendaraan model lama, tidak perlu khawatir sob, karena mobil kamu tentu masih bisa "minum" bahan bakar dengan standar Euro 4.

Sementara dari sisi produsen, Pertamina juga sudah menyiapkan bahan bakar minyak yang sesuai dengan standar Euro 4. Memproduksi bahan bakar ramah lingkungan juga sebagai komitmen Pertamina dalam menekan pencemaran udara dan meningkatkan efisiensi kendaraan.

Ilustrasi/pxhere.com
Ilustrasi/pxhere.com

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) pernah merilis sebuah laporan kadar polusi di beberapa kota besar di Indonesia.

Berdasarkan laporan tersebut, ternyata banyak yang sudah melewati batas baku mutu udara sehat.

Mulai dari Januari 2017 hingga Januari 2018 kualitas udara di Jakarta bahkan mencapai angka 35 ug/m3 yang jelas melewati standar yang ditetapkan WHO di angka 25 ug/m3.

Berita Terkait

Berita Terkini