Mobil

Mengenal Pelican Crossing, Zebra Cross Modern Tinggal Pencet

Pelican Crossings sebuah teknologi terbaru yang membantu pejalan kaki menyeberang di jalan - jalan yang ramai lalu lintasnya.

Agung Pratnyawan | Husna Rahmayunita

Pelican Crossing/philbsm
Pelican Crossing/philbsm

Mobimoto.com - Telah ditemukan teknologi baru bernama Pelican Crossing. Alat tersebut sangat berguna bagi pejalan kaki dan pengendara.

Pelican Crossing merupakan kependekan dari Pedestrian Light Controlled Crossing. Awalnya, alat tersebut banyak dijumpai di luar negeri. 

Dan kini, pemerintah Indonesia mulai menerapkannya di jalan - jalan protokol serta di jalan menuju fasilitas umum yang mana ramai dilewati pejalan kaki dan pengendara.

Yang paling baru, konon pelican crossing akan dipasangkan di dekat Bundaran HoteI Indonesia (HI), Jakarta Pusat.

Bentuknya sepintas seperti rambu - rambu lalu lintas biasanya. Hanya ada tombol yang bisa digunakan pejalan kaki saat menyeberang.

Jadi boleh dikatakan alat tersebut sebagai pengganti Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) atau zebra cross yang telah dilengkapi fitur baru.

Pelican Crossing/bbc
Pelican Crossing/bbc

Pelican Crossing ada untuk membantu pejalan kaki atau penyeberang agar bisa nyaman di jalan dan mendapatkan haknya dengan baik.

Pejalan kaki pun tak perlu khawatir dan cemas ditabrak motor atau mobil. Kalian kini bisa meminta pengendara untuk sejenak berhenti sejenak.

Pelican Crossing/thetelegraph
Pelican Crossing/thetelegraph

Cukup pencet tombol di Pelican Crossing, secara otomatis jalan akan dikondisikan sedemikian rupa.

Akan muncul suara atau notifikasi bagi pengendara kendaraan bermotor atau mobil untuk berhenti dan memberikan jalan.

Pelican crossing menjadi solusi untuk menyeimbangkan hak pengendara dan pejalan kaki.

Alat tersebut sebenarnya sudah diterapkan di beberapa kota di Jawa Barat dan Jawa Tengah. Tinggal menunggu kapan Pelican crossing bisa dipasang di seluruh jalan protokol Indonesia. (*)

Berita Terkait

Berita Terkini