Mobil

Ingin Jadi Pilot Jet Darat? Mesti Begini, Sob

Di luar urusan finansial, menjadi driver F1 perlu stamina prima. Ini kriterianya.

RR Ukirsari Manggalani

Sebastian Vettel dan Kimi Raikkonen [Instagram @kimimatiasraikkonen].
Sebastian Vettel dan Kimi Raikkonen [Instagram @kimimatiasraikkonen].

Mobimoto.com - Menyaksikan aksi para pilot Formula One (F1) memang mengundang decak kagum. Tunggangan bisa melesat lebih dari 190 km per jam, race-suit dipenuhi emblem sponsor, helm didesain sangar, pendek kata mantap, Sob.

Tetapi buat menuju ke pentas F1, para driver mesti melewati jalan berliku. Di luar urusan finansial, mereka juga perlu fisik prima dan kebugaran yang menuntut tanggung jawab besar.

Berikut adalah 10 kriteria menjadi calon pilot jet darat. Coba kita cermati, Sob. Apakah nilai-nilai itu sudah ada dan sekiranya bisa dipenuhi diri kita pribadi.

1. Komitmen yang kuat

Seorang pebalap F1 telah mengikuti balapan sejak usia yang sangat muda.

Banyak anak-anak di sirkuit go-kart berambisi besar untuk menjadi penunggang jet darat. Nyatanya, hanya segelintir yang benar-benar mampu mewujudkan mimpinya.

2. Adaptasi

Setiap tahunnya, F1 selalu mengalami perubahan. Ya, dari mulai mesin, sasis, hingga ban terus mengalami perubahan sepanjang waktu.

Karena itu, seorang pebalap harus bisa terus beradaptasi. Mereka melakukan perjalanan ke banyak bagian dunia dan mereka tentunya harus menyesuaikan dengan zona waktu, iklim, dan juga dengan budaya masyarakat setempat yang berbeda-beda.

3. Nutrisi

Seorang pebalap profesional harus super ketat mengenai asupan makanan dan minuman. Para pebalap top  memiliki diet khusus yang disesuaikan dan telah ditetapkan untuk mereka oleh masing-masing mentor.

4. Kekuatan Kardioviskular

Sangat penting bahwa pebalap F1 harus memiliki sistem kardiovaskular yang sangat efisien sehingga tetap bugar dalam balapan yang menguras tenaga dan pikiran dalam waktu tak kurang dari dua jam.


Selanjutnya, lebih detail bisa disimak di Suara.com

Berita Terkait

Berita Terkini