Mobil

Mazda Akan Gunakan Rotary Engine Lagi di 2019

Mazda menganggap mesin bahan bakar, masih diperlukan untuk mobil hybrid sekalipun.

Rauhanda Riyantama | Praba Mustika

Mazda Akan Gunakan Rotary Engine Lagi di 2019. (YouTube)
Mazda Akan Gunakan Rotary Engine Lagi di 2019. (YouTube)

Mobimoto.com - Mazda melalui Wakil Presiden Sales and Customer Service for Europe, Martijn ten Brink, telah mengonfirmasi akan kembali gunakan rotary engine, seperti dilansir dari Motor1.

Melalui proyek Zoom-Zoom 2030, Mazda akan fokus dalam membuat mobil listrik. Belum ada keterangan lebih lanjut, tapi Martijn ten Brink mengatakan bahwa ada pilihan rotary engine pada mobil listriknya.

Mazda Akan Gunakan Rotary Engine Lagi di 2019. (MikeShouts)
Mazda Akan Gunakan Rotary Engine Lagi di 2019. (MikeShouts)

Rotary engine yang akan digunakan Mazda, tidak akan dilengkapi dengan turbocharger dan mesin akan ditempatkan paling rendah, untuk menjaga titik gravitasinya.

Meski didorong untuk membuat pembaruan dalam sistem pembakaran pada mobil listrik, Mazda meyakini bahwa pembakaran dengan rotary engine masih punya potensi.

Secara sistem, rotary engine akan menggantikan kerja piston untuk melakukan pembakaran.

''Menurut kami, Mazda, mesin dengan bahan bakar bensin masih diperlukan. Bahkan untuk 15 hingga 25 tahun ke depan, mesin bensin akan sangat berguna meskipun digunakan pada mobil hybrid sekalipun.'' Ujar Martijn ten Brink.

Mazda akan terus mengembangkan sistem pembakaran yang bisa meningkatkan efisiensi hingga 56%, dan rotary engine diprediksi akan jadi salah satu cara yang bisa dilakukan oleh pabrikan mobil asal Jepang ini.

Berita Terkait

Berita Terkini