Mobil

Cegah Orang Menyeberang Sembarangan, China Pakai Alat Ini

Kecelakaan yang diakibatkan oleh pejalan kaki yang suka nyeberang sembarangan bisa dikurangi dengan alat ini.

Angga Roni Priambodo | Cesar Uji Tawakal

Ilustrasi Pejalan Kaki. (pexels.com/Kaique Rocha)
Ilustrasi Pejalan Kaki. (pexels.com/Kaique Rocha)

Mobimoto.com - Suasana perkotaan yang sibuk pada jam kerja, apalagi diikuti dengan jumlah pejalan kaki yang amat banyak kadang dapat membawa masalah tersendiri. Sibuk dan tergesa-gesa, tak sedikit para pejalan kaki yang cenderung 'langsung menyeberang' terutama di persimpangan jalan.

Menyeberang jalan tanpa memperhatikan situasi dan lampu lalulintas memang berbahaya. Hal tersebut bisa memicu kecelakaan, membahayakan baik nyawa pejalan kaki ataupun para pengguna jalanan. Untuk atasi hal tersebut, perlu diciptakannya sebuah inovasi, seperti yang satu ini.

Diupload di sebuah akun Instagram @crashes, video ini memperlihatkan bagaimana alat ini mencegah pejalan kaki asal 'nyeberang'. Untuk lengkapnya, simak video berikut.

Alat ini berbentuk seperti tiang kecil dengan laser, jika ada orang yang menyebrang saat lampu penyebrangan masih merah, maka alat ini akan menyemprotkan uap, membuat pejalan kaki menjadi sadar akan keadaan sekitar.

Alat ini tentu sangat membantu jatuhnya korban kecelakaan akibat asal menyeberang. Mengingat kebiasaan orang sekarang yang sering jalan kaki sambil melihat handphone, tanpa memerdulikan sekitarnya, maka alat ini bisa jadi merupakan solusi.

Indonesia memang belum berniat memasang alat ini, namun untuk kebaikan bersama ada baiknya para pejalan kaki harus lebih memerhatikan situasi sekitarnya. Demi keselamatan diri sendiri dan orang lain. Jangan terlalu fokus memandang gawai saat sedang berjalan, biar aman, Sob!

Berita Terkait

Berita Terkini