Mobil

Red Ladybug, Mobil Kompak Penyelamat Saat Bencana Alam

Mobil pemadam kebakaran buatan Morita Group asal Jepang ini, difungsikan untuk mencapai daerah tedampak bencana alam lebih cepat.

Stephanus Aranditio | Praba Mustika

Red Ladybug. (MikeShouts)
Red Ladybug. (MikeShouts)

Mobimoto.com - Jepang merupakan negara dengan potensi bencana alam yang besar, salah satunya adalah gempa bumi karena posisi negara matahari terbit itu yang berada di Cincin Api Pasifik. Karenanya, Jepang terus berinovasi untuk membangun infrastruktur yang bersahabat dengan bencana, salah satunya adalah dengan menciptakan mobil pemadam kebakaran berukuran kecil bernama Red Ladybug.

Red Ladybug. (MikeShouts)
Red Ladybug. (MikeShouts)

Red Ladybug merupakan mobil pemadam kebakaran buatan Morita Group, dengan ukuran yang kompak sehingga akan memudahkan kendaraan ini untuk menuju tempat yang terisolir karena bencana alam.

Dilansir dari MikeShouts, Red Ladybug akan diterjunkan dalam situasi darurat bencana alam seperti gempa bumi, taifun dan tanah longsor.

Karena ukurannya yang kompak, mobil pemadam kebakaran ini akan mudah bermanuver pada medan yang sulit dilewati kendaraan besar, sehingga bisa lebih cepat sampai ke daerah terdampak bencana alam.

Red Ladybug. (MikeShouts)
Red Ladybug. (MikeShouts)

Memiliki ukuran panjang 3.450 milimeter dan lebar 1.760 milimeter, Red Ladybug memiliki ruang kabin yang dapat menampung hingga tiga orang, termasuk pengemudi.

Meskipun kecil dan terlihat ringkih, namun dengan rangka bodi roll cage, memastikan penumpang lebih aman. Selain itu, Red Ladybug buatan Morita ini juga dilengkapi dengan drone yang akan membantu petugas dalam memetakan daerah terisolasi.

Sebagai mobil yang dibuat untuk keadaan bencana alam, mobil berwarna merah ini mampu melewati genangan air hingga kedalaman 40 sentimeter, dan dilengkapi dengan tali penderek (tow) dengan maksimal beban hingga 748 kilogram.

Red Ladybug. (MikeShouts)
Red Ladybug. (MikeShouts)

Karena desainnya yang unik dan bermanfaat untuk keadaan darurat bencana alam, Red Ladybug buatan Morita Group ini diganjar penghargaan Good Design Award 2018, lho. Keren!

Berita Terkait

Berita Terkini