Mobil

7 Kota di Dunia Ini Terapkan Aturan Bebas Mobil, Anti Polusi!

Kota ini nyaman dan membuat orang senang.

Angga Roni Priambodo | Husna Rahmayunita

Ilustrasi kota bebas mobil anti polusi
Ilustrasi kota bebas mobil anti polusi

Mobimoto.com - Sejak beberapa tahun belakangan ini banyak kota di dunia yang menerapkan aturan bebas mobil. Hal itu dilakukan untuk mengurangi polusi udara dan memberikan hak lebih kepada pejalan kaki.

Kota Madrid, Spanyol menjadi pelopor ide ini. Sejak tahun 2005, kota tersebut bahkan mendirikan zona khusus pejalan kaki pertama di daerah Letras.

Tak hanya di Madrid, ini dia 7 kota di dunia yang menerapkan aturan bebas seperti yang dikutip dari laman businessinsider.com.

1. Kopenhagen, Denmark

Ibu kota Denmark ini memperkenalkan zona khusus pejalan kaki mulai tahun 1960-an. Sampai sekarang bahkan memiliki 200 mil jalur sepeda dan menjadi negara kepemilikan mobil terendah di dunia.

2. Oslo, Norwegia

Tahun 2019 mendatang, kota ini melarang semua mobil masuk di pusat kota. Selain itu, pemerintah akan mengganti 35 mil jalanan menjadi jalur sepeda.

3. Kota Chengdu, China

Kota Chengdu, China. (sphm-finder-site.com)
Kota Chengdu, China. (sphm-finder-site.com)

Setengah jalan kendaraan di Kota Chengdu, China rencananya diubah untuk zona pejalan kaki di tahun 2020. Tapi proyek tersebut masih dimatangkan.

4. Hamburg, Jerman

Dalam dua dekade mendatang, Kota Hamburg, Jerman akan mengurangi jumlah pengguna mobil. Jadi hanya mengizinkan pejalan kaki dan pengendara motor masuk area tertentu.

5. Paris, Prancis

Kota mode dunia ini, melarang mobil berpelat nomor genap pada suatu hari di tahun 2014. Sedangkan, untuk tahun ini mobil sama sekali tidak boleh masuk pusat kota.

6. Brussel, Belgia

Kota Brussel, Belgia. (globeguide.ca)
Kota Brussel, Belgia. (globeguide.ca)

Kota ini cukup aktif memperluas zona bebas mobil. Hampir sebagian besar jalanan di kota Brussel diperuntukkan untuk pejalan kaki dan setiap satu hari di bulan September, semua mobil di larang masuk pusat kota.

7. London, Inggris

Cukup tegas, London melarang mobil diesel pada tahun 2020. Bahkan pemerintah akan memberikan denda biaya kemacetan USD 12.50 atau sekitar Ro 184 ribu bagi kendaraan yang melanggar aturan.

Indonesia bakal nyusul nggak nih?

Berita Terkait

Berita Terkini