Mobil

4 Fakta Penting Mengenai Bus Listrik Buatan Indonesia, Keren!

Bisa jalan seberapa jauh ya?

Angga Roni Priambodo | Cesar Uji Tawakal

Bus Listrik Indonesia. (Instagram/@kurondra_)
Bus Listrik Indonesia. (Instagram/@kurondra_)

Mobimoto.com - Geliat industri kendaraan listrik Indonesia perlahan naik daun. Sudah bermacam-macam produk buatan anak negeri mulai nampak batang hidungnya. Walaupun ada yang cuma sebatas prototipe, ada yang hampir diproduksi massal. 

Kendaraan tersebut meliputi motor, mobil dan yang sedang ramai dibicarakan sekarang bus elektrik. Dibuat oleh PT Mobil Anak Bangsa, berikut adalah fakta-fakta mengenai bus listrik yang jadi proyek Kepala Staf Kepresidenan Jenderal (Purn) Moeldoko.

Bus Listrik Indonesia. (Instagram/@kurondra_)
Bus Listrik Indonesia. (Instagram/@kurondra_)

 

1. Awal mula

Bus Ini nampang pertama kali di Gaikindo Indonesia International Commercial Vehicle Expo 2018 di JCC Senayan pada bulan Maret tahun ini. Setelah itu, bus ini pertama duji coba di Soekarno Hatta September lalu. Prototipe pertama dari bus ini difokuskan untuk tes elektronik, sementara prototipe kedua untuk tes sasis.

2. Siapa yang terlibat

Bus ini buat oleh PT Mobil Anak Bangsa yang digagas oleh Moeldoko beserta Bambang Tri Sasongko yang kini menjabat sebagai Dirketur Teknik PT Mobil Anak Bangsa.

3. Produksi 

Karoseri bus listrik ini dibuat oleh New Armada, sementara kedepannya semua komponen bakal dibuat 100% produksi Indonesia.

4.Spesifikasi

Bus listrik ini memiliki tenaga 268,2 HP dengan torsi 2.400 Nm. Sementara untuk pengisian tenaga emakan waktu 3 jam untuk menempuh jarak 250-300 km. Baterai yang digunakan adalah ion Lithium Ferro Phosphate 576 V 450 Ah dengan kapasitas 259.2 kwh. Bus ini memiliki berat 2.290 kg dan mampu menampung sebanyak 60 penumpang.

Berita Terkait

Berita Terkini