Mobil

Sebelum Pergi Jauh dengan Mobil, Ini yang Wajib Anda Cek

Perkakas sederhana mampu membantu pengecekan awal.

Rendy Adrikni Sadikin

ILUSTRASI bepergian dengan mobil. (Shutterstock)
ILUSTRASI bepergian dengan mobil. (Shutterstock)

Mobimoto.com - Liburan akhir tahun sudah menjelang. Buat Anda yang telah memiliki rencana berlibur dengan roda empat Anda, sebaiknya mulai mempersiapkannya sejak sekarang.

Liburan dengan mobil sendiri banyak keuntungannya. Apalagi jika Anda berlibur bersama seluruh anggota keluarga. Beberapa keuntungannya antara lain:

1. Praktis

Ketika pergi ke luar kota dengan banyak bawaan, Anda tinggal memasukkannya saja ke dalam mobil, tanpa bingung siapa yang harus membawa koper-koper itu.

2. Hemat pengeluaran transportasi

Perjalanan dengan kendaraan sendiri membuat Anda mengetahui dengan pasti berapa pengeluaran untuk bensin atau solar. Berbeda halnya jika Anda menggunakan transportasi umum, terutama di peak season, sebab harga biasanya lebih mahal.

3. Fleksibel ketika akan mengunjungi tempat-tempat wisata

Membawa kendaraan sendiri juga membuat Anda dan keluarga lebih fleksibel menentukan kawasan-kawasan wisata mana saja yang akan didatangi.

Tak hanya tubuh Anda yang harus fit menghadapi perjalanan jauh, kendaraan Anda pun demikian. Inilah mengapa menjadi penting untuk melakukan pengecekan sebelumnya pada kendaraan Anda sebelum perjalanan jauh.

Beberapa bagian mobil yang perlu Anda teliti sebelum liburan adalah:

1. Oli mesin

Saat liburan, sebaiknya Anda menggunakan oli dalam kondisi baru. Tak cuma ganti oli, pengecekan terhadap mesin, transmisi, maupun gardan harus menjadi satu paduan, karena keterikatan fungsi mengurangi gesekan antar komponen.

2. Aki

Cek komponen ini demi memastikan tidak adanya kebocoran arus yang dapat membuat aki tidak dapat menyimpan listrik dalam waktu lama. Air aki juga harus dicek, karena jika kering akan merusak komponen lain kendaraan Anda.

3. Ban dan tekanan angin

Pastikan ban tidak aus dan tambahkan angin untuk mencegah ban pecah tiba-tiba. Ban yang baik bisa menjaga kestabilan perjalanan dalam kecepatan tinggi maupun tikungan, serta menghemat bahan bakar.

4. Minyak rem dan minyak kopling

Cek bagaimana kondisi minyak rem kendaraan Anda, sebab jika kotor akan menurunkan fungsi kerjanya. Cek juga minyak kopling. Jika minyak kopling bocor, mobil tidak akan memiliki tekanan cukup untuk mengaplikasikan kopling dan memindahkan gigi transmisi.

5. Lampu

Cek lampu, termasuk lampu sein. Pastikan semuanya berfungsi dengan baik.

Pengecekan sederhana pada kendaraan Anda dapat dilakukan di rumah, sehingga tak perlu ke bengkel. Di rumah, Anda bisa melisting layanan apa saja yang akan Anda butuhkan saat ke bengkel kelak.

Perkakas bengkel yang bisa dimiliki di rumah akan membuat Anda terbantu saat melakukan pengecekan awal. Jenis ini seperti dongkrak, sejumlah tang (tool set), hingga senter.

Sejumlah perkakas, yang kelihatannya sepele ini, bukan saja membantu Anda melakukan cek awal, tapi juga kelak dapat berarti selama dalam perjalanan jauh. Jika tak memiliki waktu untuk ke toko, perkakas-perkakas kecil ini bisa didapatkan melalui toko-toko online terpercaya yang memiliki kategori “Mobil, Part, Aksesoris”.

Di sini biasanya tersedia semua produk bagi mobil Anda, mulai dari penutup kendaraan, spion, lampu, car seat, master kopling, hingga perkakas ringan, dan senter. Di penghujung akhir tahun seperti ini, Anda bisa mendapat kesempatan baik, karena sejumlah toko online sedang menggelar Hari Belanja Online Nasional atau Harbolnas.

Di momen istimewa ini pula, sejumlah promo dan potongan harga akan disajikan. Anda bisa memilih produk pilihan, dengan harga ramah kantung.

So, siapkan liburan Anda dengan perkakas mobil yang lebih lengkap. Selamat Hari Belanja Online Nasional!

Berita Terkait

Berita Terkini