Mobil

Asal Usul Kijang 'Doyok', Mobil Legendaris Berbentuk Nyentrik

Mobil legendaris yang laris manis.

Angga Roni Priambodo | Husna Rahmayunita

Kijang 'Doyok'. (Instagram/@tkcisemarang)
Kijang 'Doyok'. (Instagram/@tkcisemarang)

Mobimoto.com - Menilik sejarah industri otomotif di Indonesia, di tahun 70 - 80-an muncul merek mobil Toyota Kijang. Mobil itu menjadi legendaris sampai sekarang karena memiliki desain yang nyentrik.

Nama Kijang merupakan akronim ''Kerjasama Indonesia Jepang''. Nama itu dicetuskan Wakil Presiden Jusuf Kalla saat ini, sewaktu mengadakan pertemuan dengan distributor Toyota.

Selang beberapa tahun, mobil Toyota Kijang beregenerasi. Pada tahun 1981-1986 muncul lah nama Kijang 'Doyok' yang merupakan generasi kedua setelah Kijang Buaya.

Beda dari mobil sebelumnya, Kijang 'Doyok' memiliki desain yang lebih baik. Grill bagian depan tampak lebih rapi serta permukaan pintu yang serupa dengan body mobil.

Di sisi lain, nama 'Kijang Doyok' berhasil mencuri perhatian. Julukan tersebut diadaptasi dari tokoh kartun Doyok yang sering diceritakan dalam koran Pos Kota.

Kijang 'Doyok'. (Instagram/@tkcinusantara)
Kijang 'Doyok'. (Instagram/@tkcinusantara)

Karakter Doyok diciptakan oleh mendiang Keliek Siswoyo dan dikenal memiliki kepribadian yang kocak. Wajahnya unik dengan bentuk bibir mancung mirip dengan bodi depan mobil Kijang.

Meski begitu, sejatinya Kijang 'Doyok' memiliki kode KF20. Sedangkan untuk jeroan, Toyota memasang mesin 4K 1.300cc 4-silinder OHV bertransmisi manual 4-percepatan di dalamnya.

Di masa kejayaannya, mobil generasi kedua tersebut banyak dilirik pembeli. Terbukti dengan penjualan 100.000 unit hanya dalam waktu lima tahun. Sampai sekarang pun banyak orang yang telah memodifikasi mobil itu.

Berita Terkait

Berita Terkini