Mobil

Kendor di Ponsel, Blackberry Kini Rancang Mobil Swakemudi

Dulu, Blackberry adalah raksasa di bidang komunikasi.

Angga Roni Priambodo

Mobil Otonom. (Carscoops)
Mobil Otonom. (Carscoops)

Mobimoto.com - Beberapa tahun lalu, perusahaan asal Kanada, Blackberry adalah salah satu penguasa di bidang komunikasi. Berkat produk ponselnya yang jadi favorit mantan presiden Amerika Serikat, Barack Obama, Blackberry jadi primadona di hampir seluruh negara, termasuk Indonesia.

Jika dulu Blackberry fokus pada produk ponsel pintarnya, kini sepertinya perusahaan tersebut mulai melirik bidang lain seiring melorotnya produk ponselnya. Demi menyambut Olimpiade Tokyo 2020 yang bakal berlangsung setahun lagi Blackberry kini mulai kembangkan mobil swakemudi.

Mobil Otonom Prototipe dari Waymo. (Carscoops)
Ilustrasi mobil swakemudi. (Carscoops)

Perusahaan yang berdiri pada 1999 itu menyampaikan lewat cuitan di media sosial, seperti dikutip dari kantor berita Antara, bahwa pihaknya akan mempercepat proses pembuatan kendaraan swakemudi alias otonom.

Dilansir dari Inside BlacBerry, produsen ponsel cerdas itu telah mempelajari perlunya angka, besaran, atau nilai kebisingan yang mesti ditimbulkan oleh kendaraan otonom, agar mampu memberikan informasi atau keterangan bahwa sebuah mobil tengah melaju, seperti kendaraan manual alias dilengkapi pengemudi.

Dan di sisi lain, Blackberry juga bermaksud melakukan kemitraan dengan pihak Jepang, agar bisa siap di saat Olimpiade 2020 dihelat nanti.

Untuk itu, sebagai langkah awal, Blackberry memamerkan teknologi perangkat lunak Artificial Intelligence (AI) yang bakal ditanamkan di produknya, Blackberry bersiap hadir di Consumer Electronics Show (CES), Las Vegas, Amerika Serikat mulai 8 - 11 Januari 2019. Menempati stand LVCC North Hall yang menyuguhkan perangkat lunak otomotif serta teknologi.

Suara.com/RR Ukirsari Manggalani

Berita Terkait

Berita Terkini