Mobil

Penjualan Mobil Jenis Wagon Naik, Tapi Tidak Populer, Berikut Faktanya

Penjualan meningkat, tapi minat pasar terhadap mobil jenis wagon malah menurun.

Dinar Surya Oktarini | Praba Mustika

Wagon. (Carscoops)
Wagon. (Carscoops)

Mobimoto.com - Mobil jenis wagon bisa dibilang cukup populer sejak era 70an hingga awal 90an. Kabar bagus untuk produsen yang masih memasarkan mobil jenis wagon ini. Karena penjualan mobil jenis wagon mengalami peningkatan yang cukup signifikan sejak 2013 hingga 2018.

Seperti dilansir dari Road and Track, masyarakat Amerika sudah tidak lagi berminat terhadap mobil jenis wagon.

Kini, masyarakat negeri Paman Sam lebih tertarik dengan mobil jenis crossover.

Data yang dikeluarkan oleh Tyson Jominy, analis industri otomotif dari J.D. Power menunjukkan penjualan mobil jenis wagon memang meningkat, tapi minat warga Amerika terhadap mobil ini malah menurun.

Data yang dirilis oleh Bloomberg menunjukkan bahwa penjualan mobil jenis wagon meningkat hingga 29 persen. Setidaknya 212 ribu unit mobil jenis wagon terjual dari tahun 2013 hingga 2018.

Minat Warga Amerika Serikat Terhadap Mobil Jenis Wagon Menurun. (Twitter/tyson_jominy)
Minat Warga Amerika Serikat Terhadap Mobil Jenis Wagon Menurun. (Twitter/tyson_jominy)

 

Tapi, dalam rentang waktu yang sama, minat warga Amerika terhadap mobil jenis wagon malah menurun. Setidaknya, dari angka 1.9 persen jadi 1.4 persen.

Memang, mobil jenis wagon meningkat hingga 29 persen tapi peningkatan tersebut juga dibarengi dengan meningkatnya penjualan mobil jenis crossover hingga 75 persen. 

Bahkan mobil mewah kelas entry level pun mengalami peningkatan hingga 71 persen.

J.D. Power memprediksi tren penurunan ini akan terus terjadi. Produsen mobil asal Jerman, BMW juga sudah tidak lagi memasarkan mobil jenis wagon di BMW Seri 3 mereka, untuk pasar Amerika.

Berita Terkait

Berita Terkini