Mobil

Hyundai Luncurkan Mobil Khusus untuk Tuna Rungu, Salut!

Mengisnpirasi perusahaan otomotif lainnya.

Tinwarotul Fatonah | Husna Rahmayunita

Mobil khusus untuk tuna rungu. (Hyundai)
Mobil khusus untuk tuna rungu. (Hyundai)

Mobimoto.com - Bagi orang yang memiliki keterbatasan fisik, mengemudi menjadi aktivitas yang tidak mudah. Untuk itu, Hyundai Motor Group (HMG) meluncurkan mobil khusus bagi mereka yang tuna rungu.

HMG memperkenalkan teknologi tersebut lewat video kampanye dengan judul 'Quiet Taxi' yang diunggah dalam laman YouTube. Dalam video tersebut, dipilihlah seseorang bernama Daeho Lee sebagai bintangnya.

Daeho Lee merupakan ayah dari anak tuna rungu yang baru saja memulai pekerjaannya sebagai seorang sopir taksi. Ia juga merupakan sopir taksi tuna rungu pertama di Seoul, Korea Selatan.

Selama bekerja ia mengandalkan penglihatannya karena mengalami kesulitan mendengarkan bunyi klakson dan sirine kendaraan lain. Tak jarang pula ia mengaku kelalahan karena terlalu fokus dan mengoptimalkan penghlihatan selama mengemudi.

Mobil khusus untuk tuna rungu. (Hyundai)
Mobil khusus untuk tuna rungu. (Hyundai)

Dikutip dari laman newatlas, untuk mengurangi penderitaan kaum tuna rungu tersebut, Hyundai menggabungkan teknologi kecerdasan buatan dan dua sistem batuan mengemudi terpisah bernama Audio-Visual Conversion (AVC) dan Audio-Tactile Conversion (ATC).

Dengan kombinasi teknologi tersebut, pengemudi tuna rungu bisa memaksimalkan indera peraba dan kemampuan visual yang dimiliki. Jadi mereka bisa membedakan mana suara konstruksi, sirine mobil darurat dan suara lainnya.

Tak cukup sampai di situ, sebagai petunjuk navigasi telah ditambahkan strip lampu LED multiwarna yang terpasang di roda kemudi dan juga sistem peringatan kecelakaan di tempat yang sama.

Berita Terkait

Berita Terkini