Mobil

Mercedes-Benz dan BMW Siap Kerja Sama, Yang Bener?

Keduanya perusahaan ini merupakan rival, mungkinkah bekerja sama?

Dinar Surya Oktarini | Praba Mustika

Ilustrasi Mercedes-Benz dan BMW. (Speedlist)
Ilustrasi Mercedes-Benz dan BMW. (Speedlist)

Mobimoto.com - Kabar mengejutkan datang dari dua produsen mobil asal Jerman, Mercedes-Benz dan BMW yang kabarnya akan bekerja sama dalam mengembangkan Mercedes-Benz A-Class dan BMW Seri 1 generasi berikutnya.

Padahal, kedua produsen mobil tersebut dikenal tidak pernah akur dan selalu bersaing dalam teknologi mobil.

Melansir dari Carscoops, keduanya akan bekerja sama dalam pengembangan teknologi mobil otonom, guna menekan biaya.

Media lokal Jerman, Handelsblatt mengatakan besarnya biaya investasi mobil otonom, membuat kedua perusahaan harus memutar otak, dan salah satu caranya adalah dengan melakukan kerja sama.

Rencananya, kerja sama antara Mercedes-Benz dan BMW ini, juga untuk mengantisipasi ketertinggalan dari perusahaan rintisan seperti Waymo.

Lebih lanjut, isunya, kedua perusahaan ini akan berbagi platform mobil untuk menekan biaya investasi dan mengejar produksi sebelum tahun 2025.

Ilustrasi Mercedes-Benz dan BMW. (Carmag)
Ilustrasi Mercedes-Benz dan BMW. (Carmag)

Di skala manajemen, kerja sama ini tentu saja jadi hal bagus karena berkaitan dengan budget. Tapi bagi para pekerja teknis dan divisi pengembangan teknologi di kedua perusahaan, ide ini mendapat penolakan.

Penolakan tersebut jelas membuat para petinggi Mercedes-Benz dan BMW harus kembali memutar otak, untuk tetap menekan angka investasi sambil tetap berinovasi.

Berita Terkait

Berita Terkini