Mobil

Usung Mesin yang Sama, Toyota Supra Tetap Kalah Cepat dari BMW Z4

Meski saling berbagi platform, tapi Toyota Supra tidak lebih cepat dibandingkan BMW Z4.

Agung Pratnyawan | Praba Mustika

Ilustrasi BMW Z4 (thecarconnection.com)
Ilustrasi BMW Z4 (thecarconnection.com)

Mobimoto.com - Mobil sport fenomenal asal Jepang, Toyota Supra kembali hadir di awal tahun 2019 ini. Meski harus berbagi platform dengan produsen asal Jerman, BMW, kehadiran Toyota Supra tetap dinanti-nantikan. Menggunakan basis platform yang sama, ternyata Toyota Supra tidak lebih bertenaga dibandingkan BMW Z4, kenapa?

Secara mendasar, BMW Z4 mampu menghasilkan tenaga 47 daya kuda lebih banyak dibandingkan Toyota Supra. Jelas angka yang cukup signifikan. Melansir dari Road and Track, salah satu penyebabnya adalah sektor ECU di BMW Z4 yang diprogram lebih baik.

Lebih detail, menurut katalog BMW ETK, varian Toyota Supra untuk pasar Amerika menggunakan mesin dengan kode B58B30C, dengan nomor 11002463592. Mesin tersebut, sama persis dengan yang digunakan di BMW Z4 M40i di Eropa.

Toyota Supra 2020. (Toyota)
Toyota Supra 2020. (Toyota)

Sedangkan BMW Z4 M40i di pasar Amerika menggunakan mesin berkode B38B30B, dengan nomor 11002464415. Nantinya, mesin tersebut yang akan digunakan di BMW M340i G20 seri 3.

Selain bagian mesin dan ECU, yang membedakan Toyota Supra dengan BMW Z4 adalah jenis kepala silinder, crankshaft, bearings hingga piston dan gardan.

Nantinya, jika para pemilik Toyota Supra ingin meningkatkan performa mobil mereka, bisa mengganti bagian piston dan gardan, lalu kepala silinder dan sektor turbocharged.

Berita Terkait

Berita Terkini