Mobil

Koleksi 7.000 Mobil, Sultan Hassanal Bolkiah Idolakan Merek Ini

Sultan bebas beli merek apa saja.

Dinar Surya Oktarini | Husna Rahmayunita

Sultan Hassanal Bolkiah. (de.qantara.de)
Sultan Hassanal Bolkiah. (de.qantara.de)

Mobimoto.com - Brunei Darussalam identik dengan negara kecil yang kaya raya. Hal itu bisa tercermin dari kehidupan pemimpinnya Sultan Hassanal Bolkiah yang terkenal mewah.

Tak hanya kekuasaan tinggi dan rumah luas, sultan ke-29 negara Brunei Darussalam itu juga populer sebagai kolektor mobil mewah. Tak tanggung-tanggung, karena saking tajirnya terdapat 7.000 unit mobil yang dimiliki.

Untuk menampung semua koleksinya, dibutuhkan beberapa garasi raksasa di samping istana. Sementara untuk menjajal satu per satu tungganganya, Sultan Hassanal Bolkiah harus menghabiskan waktu sekitar 20 tahun agar semuanya terpakai.

Di sisi lain, meski mengoleksi mobil dengan jumlah yang fantastis, Sultan dengan nama lengkap Jenderal Sultan Haji Sir Hassanal Bolkiah Mu`izzaddin Waddaulah itu tentunya tidak memilih merek sembarangan. Harta yang berlimpah, membuatnya mampu membeli sederet merek ternama.

Koleksi mobil Sultan Hassanal Bolkiah. (YouTube/Good Mood)
Koleksi mobil Sultan Hassanal Bolkiah. (YouTube/Good Mood)

Tak cukup sampai di situ, koleksi mobil orang nomor satu di Brunei Darussalam itu juga beragam jenis dan tipenya. Mulai dari sport, offroad, balap dan klasik.

Mirisnya, karena terlalu banyak ada beberapa mobil yang rusak dan teronggok begitu saja. Di sisi lain, dari sekian deret merek, ternyata Sultan Hassanal Bolkiah memiliki merek mobil favorit yang mendominasi koleksinya, yaitu Rolls-Royce.

Ilustrasi Rolls-Royce Phantom VI. (legacydiecast)
Ilustrasi Rolls-Royce Phantom VI. (legacydiecast)

Mobil keluaran Inggris ini merupakan koleksi Sultan Hassanal Bolkiah dan saudaranya Jefri Bolkiah. Sejak tahun 1990-an, keduanya mengoleksi mobil Rolls-Royce dan yang lainnya.

Nah, biar nggak penasaran, inilah rincian sebagian mobil Sultan Hassanal Bolkiah seperti yang dikutip dari berbagai sumber.

1. Rolls-Royce (604 unit)

2. Mercedes Benz (574 unit)

3. Ferrari (452 unit)

4. Bentley (382 unit)

5. BMW (209 unit)

6. Jaguar (179 unit)

7. Koenigsegg (134 unit)

8. Lamborghini (21 unit) dan

9. Aston Martin (11 mobil).

Sebagai catatan, rincian mobil itu bisa berubah sesuai dengan keinginan sang pemilik.

Berita Terkait

Berita Terkini