Mobil

Penggemar Wajib Tahu Nih, 3 Rahasia Tentang Logo Toyota

Punya mobil Toyota di rumah? di balik logonya yang sederhana, ternyata logo Toyota menyimpan 3 rahasia menarik, Sob.

Angga Roni Priambodo | Praba Mustika

Toyota Celsior. (Toyota Meksiko)
Toyota Celsior. (Toyota Meksiko)

Mobimoto.com - Setiap produsen otomotif tentu saja tidak sembarangan dalam membuat logo. Toyota misalnya, nama yang merepresentasikan dua hal, ''mobil'' dan ''Jepang'' ini, adalah salah satu produsen mobil paling besar di dunia, apalagi setelah dinobatkannya Toyota Corolla sebagai mobil terlaris di tahun 2018.

Pernahkah kamu terpikirkan, apa sih makna logo Toyota? adakah kisah menarik di balik logo yang merupakan tumpukan bentuk oval itu? Ternyata ada 3 rahasia di balik logo Toyota, lho.

Bagi sebuah perusahaan, nama dan logo tentu saja tidak bisa dibuat sembarangan. Perlu pertimbangan khusus. Mulai dari kisah, sejarah, hingga segi estetika untuk desain logonya.

Seperti perusahaan lain, Toyota pun punya pemaknaan tersendiri terhadap logo mereka yang khas, tiga oval yang menumpuk secara horizontal dan vertikal.

Melansir situs resmi Toyota Meksiko, inilah 3 rahasia di balik logo Toyota yang kita kenal sekarang ini.

Dari Toyoda ke Toyota

Logo Toyoda, Sebelum Berganti Jadi Toyota. (Toyota Meksiko)
Logo Toyoda, Sebelum Berganti Jadi Toyota. (Toyota Meksiko)

 

Soal ini, sepertinya hampir setiap orang sudah tahu. Toyota didirikan oleh seorang bernama Kiichiro Toyoda pada 1933. Kendaraan pertama yang mereka jual, menggunakan merek dan logo ''Toyoda''

Pada 1936 perusahaan pun mengubah logo yang akhirnya juga mengubah nama ''Toyoda'' jadi ''Toyota''.

Ganti Nama, Ganti Logo

Logo Toyota. (Toyota Meksiko)
Logo Toyota. (Toyota Meksiko)

 

Setelah resmi berganti nama menjadi Toyota, pada Oktober 1989, logo baru Toyota pun diperkenalkan. Yes, logo yang sampai saat ini kita kenal. Logo tersebut juga dibuat untuk memperingati ulang tahun perusahaan ke 50.

Butuh waktu setidaknya lima tahun, untuk menjadikan desain logo yang merepresentasikan nama Toyota.

Lebih lanjut, dua faktor yang menguatkan desain logo Toyota adalah: Logo yang mudah diingat, bahkan saat dilihat dari jauh sekalipun. Selain itu, harus punya dampak visual yang menonjol dibanding merek mobil lain.

Di balik Bentuk Oval

Toyota Celsior. (Toyota Meksiko)
Toyota Celsior. (Toyota Meksiko)

 

Tiga bentuk oval yang menumpuk, dan menjadikan logo Toyota tentu tidak dibuat sembarangan. Tumpukan oval tersebut dibuat secara simetris, lho.

Yang pertama, kita lihat dua bentuk oval yang disusun secara vertikal, tegak lurus. Dua oval dengan ukuran berbeda. Dua buah oval tersebut mewakili dua hal: jantung konsumen dan jantung perusahaan. Agar saling menguntungkan dan meningkatkan rasa percaya.

Sementara itu, oval dengan posisi horizontal melambangkan huruf 'T' untuk mewakili Toyota, serta menciptakan imaji roda kemudi, yang mewakili kendaraan.

Sedangkan sisi terluar dari bentuk oval tersebut memberikan harapan bahwa dunia merangkul Toyota.

Jika diperhatikan lebih jeli, masing-masing bentuk oval pada logo Toyota punya ketebalan garis yang berbeda-beda, Sob. Hal tersebut diambil dari brush art yang merupakan kebudayaan negeri Matahari Terbit.

Terlihat juga ruang kosong yang merupakan latar belakang logo, yang punya makna kesempurnaan kualitas, nilai yang lebih besar, kesenangan mengemudi, inovasi, integritas dalam keamanan, lingkungan dan tanggung jawab sosial.

Logo Toyota yang bertahan sampai saat ini, pertama kali digunakan pada Toyota Celsior pada Oktober 1989.

Nah, jadi tahu kan 3 rahasia tentang logo Toyota, biar makin tahu dengan kendaraan kamu, Sob.

Berita Terkait

Berita Terkini