Mobil

UGM Kolaborasi dengan Dishub Sleman Tawarkan Uji Emisi Gratis

Demi terwujudnya program green campus.

Angga Roni Priambodo | Husna Rahmayunita

Uji emisi gratis. (suara.com)
Uji emisi gratis. (suara.com)

Mobimoto.com - Tawaran menarik datang dari Universitas Gadjah Mada (UGM). Bekerja sama dengan Dinas Perhubungan Sleman, Pusat Keamanan, Keselamatan, Kesehatan Kerja dan Lingkungan (PK4L) UGM mengadakan uji emisi gratis pada 13-14 Februari 2019.

Dikutip dari laman resmi ugm.ac.id, program tersebut diperuntukkan untuk warga UGM dan dibuka di Jalan Olahraga, Catur Tunggal, Depok, Sleman.

Uji emisi gratis sejatinya merupakan program rutin yang diadakan dua kali dalam setahun. Dishub Sleman menggandeng Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Yogyakarta demi  mewujudkan green campus (suasana kampus yang ramah lingkungan) di Sleman.

"Sengaja, uji emisi gas buang kendaraan bermotor kita gelar di kampus-kampus agar dapat mendukung program green campus di wilayah Kabupaten Sleman sepanjang tahun 2019," ujar Rosalyna Setya Wardhani, S.Si.T, Kepala Seksi Keselamatan Transportasi, Dinas Perhubungan Kabupaten Sleman.

UGM dan Dishub lakukan uji emisi gratis. (UGM)
UGM dan Dishub lakukan uji emisi gratis. (UGM)

 

Ditargetkan ada 108 unit kendaraan setiap harinya dan 750 unit kendaraan dalam setahun yang melakukan uji emisi gratis. Sementara untuk ukuran ambang batas terdapat beberapa patokan.

“Untuk mobil-mobil tahun 2007 ke atas kita kenakan ambang batas Co 1,5 dan Hc 200, sedangkan kendaraan sebelum tahun 2007 Co 4,5 dan Hc 1200, ini baik untuk kendaraan berbahan bakar solar maupun bensin," terang Rosalyna.

UGM dan Dishub lakukan uji emisi gratis. (UGM)
UGM dan Dishub lakukan uji emisi gratis. (UGM)

 

Pun jika ditemukan kendaraan yang melebihi ambang batas, Dishub Sleman bakal menyarankan pemilik untuk segera melakukan perawatan dan kembali melakukan uji emisi ulang.

Program uji emisi gratis ini boleh dikatakan sangat tepat sasaran dilakukan di Sleman, Yogyakarta. Sebab, beberapa titik di wilayah tersebut memiliki tingkat polusi yang cukup tinggi.

Berita Terkait

Berita Terkini