Mobil

9 Mobil Crossover Ini Raih Skor Tinggi di Uji Keselamatan Pejalan Kaki

9 dari 11 mobil crossover meraih skor tinggi di uji keselamatan pejalan kaki. Hasilnya cukup mengejutkan, lho.

Angga Roni Priambodo | Praba Mustika

Ilustrasi Uji Keselamatan Pejalan Kaki. (IIHS)
Ilustrasi Uji Keselamatan Pejalan Kaki. (IIHS)

Mobimoto.com - Saat ini produsen mobil saling berlomba untuk menciptakan teknologi serta fitur keamanan yang lebih pintar lagi. Salah satunya adalah fitur keamanan yang tujuannya untuk keselamatan pejalan kaki. Satu jenis mobil yang cukup populer dan diminati adalah jenis mobil crossover, dan setelah dilakukan uji keselamatan pejalan kaki, 9 dari 11 mobil crossover mampu raih skor tinggi, lho.

Seperti dilansir Automotive News, IIHS atau Insurance Institute for Highway Safety, sebuah lembaga yang mendorong tingkat keamanan dan keselamatan bagi seluruh pengguna jalan tol, baik pemobil maupun pejalan kaki.

Menurut U.S. Department of Transportation Data, angka kematian pejalan kaki pada 2017 tercatat sebanyak 5,977 kasus, meningkat sebanyak 45 persen dari tahun 2009.

IIHS pun melakukan serangkaian uji keselamatan pejalan kaki kepada 11 mobil crossover. IIHS kemudian membagi ke beberapa penilaian yaitu: Superior, Advanced, Basic dan No Credit atau Not Rated.

11 mobil yang diuji coba adalah BMW X1, Mitsubishi Outlander, Nissan Rouge, Mazda CX-5, Kia Sportage, Hyundai Kona, Chevrolet Equinox 2019, Volvo XC40 2019, Toyota RAV4, Subaru Forester dan Honda CR-V. Ke-11 mobil tersebut merupakan lansiran tahun 2018 - 2019.

Kemampuan tersebut dinilai dari kemampuan mobil dalam menghindari atau memitigasi (mengurangi dampak) kecelakaan terhadap pejalan kaki.

Penilaian pertama, mengukur kemampuan mobil untuk mengurangi kecepatan di jalan kering, sebanyak lima kali secara beruntun, di kecepatan 20 sampai 60 kilometer per jam.

Hasilnya, hanya Subaru Forester dan Toyota RAV4 yang mampu menghindari objek. IIHS juga memberikan nilai lebih ke mobil yang memberikan peringatan kepada pengemudi di rentang waktu 2.1 detik ke atas.

Ilustrasi Uji Keselamatan Pejalan Kaki. (IIHS)
Ilustrasi Uji Keselamatan Pejalan Kaki. (IIHS)

Berikutnya, IIHS memberikan nilai kepada Honda CR-V dan Subaru Forest karena mampu melakukan pengereman otomatis untuk meminimalisir dampak kecelakaan pada objek dummy.

Akan lebih baik lagi jika mobil memiliki kemampuan untuk mendeteksi adanya pejalan kaki, pesepeda hingga binatang yang ada di depan mobil dengan kombinasi dari emergency braking system, sistem kamera hingga sensor yang melakukan pemindaian terhadap objek di depan mobil.

''Kami ingin mendorong produsen (mobil) untuk melengkapi mobil mereka dengan kemampuan mendeteksi pejalan kaki juga dengan sistem pengereman darurat. Kami juga ingin merangkul konsumen, dan memaparkan informasi tentang sistem tersebut sehingga mereka lebih pintar lagi dalam memilih kendaraan.'' Kata David Aylor, selaku manajer uji keselamatan.

Berikut ini, adalah hasil penilaian dari uji keselamatan pejalan kaki yang dilakukan oleh IIHS:

Superior:

  • Honda CR-V tahun 2018-2019
  • Subaru Forester tahun 2019
  • Toyota RAV4 tahun 2019
  • Volvo XC40 tahun 2019

Advanced:

  • Chevrolet Equinox tahun 2019
  • Hyundai Kona tahun 2018-2019
  • Kia Sportage tahun 2019
  • Mazda CX-5 tahun 2018-2019
  • Nissan Rogue tahun 2019

Basic:

  • Mitsubishi Outlander tahun 2019

No Credit: 

  • BMW X1 tahun 2018-2019

Sebuah hasil yang, rasanya cukup mengejutkan, Sob. Karena BMW X1 jadi satu-satunya dari 11 mobil crossover yang tidak mendapat skor sama sekali karena gagal dalam rangkaian uji keselamatan pejalan kaki yang dilakukan oleh IIHS.

Berita Terkait

Berita Terkini