Mobil

Carpooling, Taktik Perang Dunia 2 yang Digunakan Pemkot Bandung Atasi Macet

Pemkot Bandung menganggap carpooling bisa jadi salah satu cara mengurangi kemacetan di Kota Kembang.

Angga Roni Priambodo | Praba Mustika

Kemacetan di Kopo, Bandung, Jawa Barat. (Twitter/apelkayu)
Kemacetan di Kopo, Bandung, Jawa Barat. (Twitter/apelkayu)

Mobimoto.com - Bagi siapapun, khususnya pengendara motor atau pengemudi mobil, macet adalah hal yang menyebalkan. Untuk itu, Pemkot Bandung mencoba metode carpooling untuk atasi macet. Tapi ternyata, carpooling adalah salah satu taktik pada perang dunia 2, lho. Penasaran, kan?

Dilansir dari situs resmi Humas Kota Bandung, Pemerintah Kota Bandung bekerja sama dengan aplikasi transportasi online, Grab, melakukan uji coba sistem carpooling.

Program bernama Grab to Work ini resmi diluncurkan pada Jumat (8/3) oleh Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana. Beliau menjelaskan metode carpooling, diharapkan bisa membantu mengatasi kemacetan di kota Bandung.

Lebih lanjut, program carpooling ini menyasar kepada Aparatur Sipil Negara (ASN), Dinas Perhubungan (Dishub), Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar), Sekertariat Daerah dan PD Kebersihan Bermartabat.

Wakil Wali Kota Bandung yang akrab disapa Kang Yana menjelaskan ''Ini adalah kegiatan positif, mudah-mudahan menjadi solusi kemacetan dengan mengurangi kendaraan pribadi,''

Carpooling, Taktik Perang Dunia 2 yang Digunakan Pemkot Bandung Atasi Macet. (Instagram/humasbdg)
Carpooling, Taktik Perang Dunia 2 yang Digunakan Pemkot Bandung Atasi Macet. (Instagram/humasbdg)

Jadi Sob, carpooling adalah salah satu metode transportasi dengan cara berbagi perjalanan dengan menggunakan sebuah mobil untuk bersama-sama. Artinya, penumpang yang memiliki tujuan lokasi yang sama, tidak perlu lagi berkendara sendiri-sendiri.

Pada praktiknya, Pemkot Bandung dan Grab akan mengantarkan ASN, misalnya, ke tempat kerja di 15 titik penjemputan. Tiga di Terminal Cicaheum, Terminal Leuwipanjang dan area Bandung Timur.

DIdi Ruswandi, Kepala Dishub Kota Bandung bilang, dari 2,4 juta penduduk kota Bandung, hanya 25 persen warga yang naik kendaraan umum.

''Carpooling ini menjadi salah satu cara agar warga bisa berkendara bersama-sama. Dengan Grab ini hanya permulaan. Kami sangat menerima ada mitra lain yang ikut program ini. Nama generiknya carpooling. Untuk nama program bisa menyesuaikan,'' kata Didi Ruswandi.

Untuk melakukan metode carpooling, calon penumpang hanya perlu menunggu di titik penjemputan dan memesan Grab untuk kemudian diantar ke tempat tujuan. Oh iya, pada tahap uji coba ini, penumpang tidak akan dikenakan biaya, lho.

Grab sendiri, sudah menyediakan 10 armada mitra berkapasitas enam penumpang di tahap uji coba ini.

Carpooling, Taktik Perang Dunia 2 yang Digunakan Pemkot Bandung Atasi Macet. (Instagram/humasbdg)
Carpooling, Taktik Perang Dunia 2 yang Digunakan Pemkot Bandung Atasi Macet. (Instagram/humasbdg)

Oh iya, sebagai tambahan informasi. Metode carpooling, pertama kali digunakan pada 1940-an, yang merupakan salah satu taktik pada perang dunia 2. Amerika Serikat, jadi yang pertama menggunakan metode ini.

Lalu pada pertengahan 70an, carpooling kembali jadi salah satu metode di negeri Paman Sam, untuk mengatasi krisis minyak dan energi.

Semoga saja, metode carpooling yang dicanangkan Pemkot Bandung untuk atasi macet bisa berjalan sebagaimana mestinya, agar bisa ditiru di kota lain, yang juga punya masalah dengan kemacetan.

Seperti Amerika Serikat, yang menggunakan carpooling sebagai taktik di perang dunia 2 dan juga mengatasi krisis minyak dan energi.

Berita Terkait

Berita Terkini