Mobil

Tak Cuma Bikin Elektronik, Ternyata Samsung Pernah Bikin Kendaraan Ini

Produsen elektronik ini ternyata juga mahir membuat mobil...

Dany Garjito | Cesar Uji Tawakal

Samsung pernah terjun ke industri otomotif. (Twitter/Samsung)
Samsung pernah terjun ke industri otomotif. (Twitter/Samsung)

Mobimoto.com - Perusahaan asal Korea Selatan, Samsung, selama ini dikenal sebagai pembuat elektronik. Mulai dari mesin cuci, TV hingga smartphone, produk-produk Samsung selalu hadir di rumah tangga masyarakat tanah air. Namun selain elektronik, ternyata Samsung pernah terjun di industri otomotif lho, bahkan produk mereka ada yang sempat mengaspal di Indonesia.

Produk tersebut adalah Samsung SV110, sebuah truk kargo yang dijual pada sekitar tahun 2005. Namun kabarnya penjualan mereka terpaksa berhenti lantaran pabrik perakitan mereka yang berlokasi di Sidoarjo, Jawa Timur menjadi 'korban' dari lumpur panas Lapindo.

Samsung SV100. (Facebook/Ranger Giga)
Samsung SV100. (Facebook/Ranger Giga)

 

Peristiwa tersebut membuat Samsung terpaksa gulung tikar dan angkat kaki dari Indonesia. Di luar negeri, produk ini dipasarkan di Korea, Asia Tenggara, Asia Barat dan Amerika selatan.

Truk yang dibekali dengan mesin Diesel Turbocharger berkapasitas 2,8 liter dan Diesel Turbocharger Intercooler untuk yang berkapasitas 3.0 liter ini mempunyai keunikan. Yakni walaupun pabriknya telah tutup dan produksi onderdilnya berhenti, suku cadang dari truk ini kabarnya bisa 'dikanibalkan' dengan milik Kia Travello dan Isuzu Elf.

Samsung SM3. (wikipedia.com)
Samsung SM3. (wikipedia.com)

 

Tak cuma truk, Samsung juga pernah membuat sejumlah kendaraan. Sebut saja sedan SM3, SM5 dan SM7 serta crossover QM3 dan QM5. Namun sayang, divisi otomotif dari Samsung terkena krisis moneter pada era 90-an, membuat produk ini tak sempat hadir di Indonesia. Dampak dari krisis tersebut adalah, Samsung menjual divisi otomotif mereka ke Renault, sementara untuk bagian industri kendaraan komersial, Samsung menjualnya ke Volvo.

Berita Terkait

Berita Terkini