Mobil

Ikuti BMW dan Mercy, Toyota dan Suzuki Bersatu Kembangkan Mobil Elektrik

Langkah BMW dan Mercedes-Benz bekerja sama dalam mengembangkan mobil elektrik, turut diikuti oleh dua produsen mobil Jepang, Toyota dan Suzuki.

Dany Garjito | Praba Mustika

Ikuti BMW dan Mercy, Toyota dan Suzuki Bersatu Kembangkan Mobil Elektrik. (Kolase)
Ikuti BMW dan Mercy, Toyota dan Suzuki Bersatu Kembangkan Mobil Elektrik. (Kolase)

Mobimoto.com - Biaya yang mahal, adalah salah satu faktor beberapa produsen tidak mau terlalu dalam melakukan riset dan pengembangan di mobil elektrik. Bahkan, dua produsen mobil BMW dan Mercedes-Benz sampai harus bekerja sama dalam pengembangan mobil elektrik. Ternyata, langkah tersebut juga diambil oleh dua produsen mobil asal Jepang, Toyota dan Suzuki.

Melansir Reuters, Toyota Motor Corp dan Suzuki Motor Corp telah menandatangani kerja sama terkait pengembangan dan produksi mobil elektrik, pada Rabu (20/3).

Di pasar mobil, Suzuki memang kurang mentereng dibandingkan dengan Toyota. Produsen mobil berlogo S itu, malah lebih sukses di pasar otomotif di India. Berbeda dengan Toyota, yang punya banyak produk andalan di setiap negara.

Toyota Land Cruiser Heritage Edition. (Toyota)
Toyota Land Cruiser Heritage Edition. (Toyota)

Pada kesepakatan kerja sama ini, Suzuki akan menjajakan mobil hybrid buatan Toyota, yang memang sudah jadi pionir untuk mobil hybrid di seluruh dunia. Sementara itu, Suzuki akan memproduksi mobil berukuran kompak untuk Toyota, yang pasarnya berfokus di India.

Tak cuma kesepahaman soal bisnis dan angka penjualan. Keduanya juga akan melakukan kerja sama dalam Research and Development (R&D), mulai dari mobil beremisi rendah, mobil elektrik, hingga mobil otonom alias swakemudi.

Ilustrasi Mobil dari Suzuki. (pxhere.com)
Ilustrasi Mobil dari Suzuki. (pxhere.com)

Presiden Toyota Motor Corp, Aiko Toyoda mengatakan ''Kami percaya, pengembangan bisnis kami dengan Suzuki, akan memberikan sisi kompetitif yang harus kita perjuangkan di abad ini, dalam transofrmasi yang mendalam,''

Lebih detail, Suzuki akan memproduksi model Baleno, Vitara Brezza, CIaz dan Ertiga yang nantinya akan di rebranded dengan logo dan nama Toyota untuk pasar di Afrika.

Sepertinya, ke depan, industri mobil elektrik di dunia bakal semakin ramai setelah kerja sama Toyota dan Suzuki, yang mengikuti langkah dari BMW dan Mercy.

Berita Terkait

Berita Terkini