Mobil

Pengen Ngecas Mobil Listrik Tanpa Kabel? Kunjungi Tempat Ini

Baru satu-satunya tempat yang ada di dunia.

Dany Garjito | Husna Rahmayunita

Ilustrasi mobil listrik. (pixabay)
Ilustrasi mobil listrik. (pixabay)

Mobimoto.com - Sudah jelas adanya, kalau kendaraan listrik bakal menjadi pilihan di masa depan. Sejalan dengan itu, sebuah tempat di dunia menawarkan fasilitas isi ulang daya (ngecas) baterai kendaraan listrik tanpa kabel alias nirkabel.

Dikutip dari laman criticalhit, tempat canggih yang dimaksud berada di Oslo, ibu kota Negara Norwegia. Pemerintah di sana sedang berusaha keras untuk membuat taksi bebas emisi pada tahun 2023.

Hal itu didasarkan dengan keputusan pemerintah membeli 43.143 ribu unit kendaraan listrik di tahun 2018. Nantinya, di Oslo akan dibangun infrastruktur pengisian nirkabel untuk taksi-taksi kota agar bisa mengurangi potensi kemacetan karena terlalu berhenti untuk isi daya.

Hyundai dan Kia Perkenalkan Teknologi Wireless Charging Mobil Elektrik. (Electrek)
Mobil listrik wireless charging ala Hyundai. (Electrek)

Sebagai proyek serius, pemerintah menggandeng Fortum, Perusahaan Energi Finlandia untuk mewujudkan rencana tersebut. Sejumlah tempat yang tersebar di Oslo akan memasang pelat pengisian daya dengan sistem induksi 75 kWh.

Pelat tersebut secara otomatis terhubung dengan alat yang dipasang dalam taksi. Sopir pun bisa mengisi daya sembari menunggu penumpang.

"Proyek ini akan menjadi infrastrujtur pengisian cepat nirkabel pertama untuk taksi listrik di dunia dan membantu pengembangan lebih lanjut tentang pengisian nirkabel untuk semua driver kendaraan listrik," tulis keterangan Fortum

Jadi, jangan heran kalau Norwegia menjadi negara tanpa polusi di masa depan.

Berita Terkait

Berita Terkini