Mobil

Jiplak Gaya Range Rover, Mobil Ini Akhirnya Bernasib Pilu

Akhirnya, pengadilan telah mengeluarkan keputusan final.

Angga Roni Priambodo | Husna Rahmayunita

Landwind X7. (motor1.com)
Landwind X7. (motor1.com)

Mobimoto.com - Negara China dikenal sebagai produsen hebat dalam berbagai bidang khususnya otomotif. Salah satu yang paling membuat geger yakni kemunculan tiruan mobil SUV Range Rover Evoque bernama Landwind X7.

Dikutip dari berbagai sumber, mobil itu sudah bertahun-tahun mengaspal di Negeri Tirai Bambu. Tapi, kehadirannya dianggap merugikan perusahaan Jaguar Land Rover.

Alhasil, perusahan asal Inggris itu mengajukan gugatan ke pengadilan untuk melawan Jiangling Motor Corporation selaku produsen Landwind X7. Sebuah keputusan final dikeluarkan pengadilan belum lama ini.

Laporan The Guardian menyebutkan kalau Jiangling Motor Corporation terbukti bersalah menjiplak gaya SUV Range Rover Evoque. Ada lima spesifikasi yang paling menyolok sehingga mengindikasikan mobil kloningan.

Landwind X7. (motor1.com)
Landwind X7. (motor1.com)

Sesuai keputusan pengadilan, mereka kemudian diharuskan membayar kompensasi sesuai permintaan Jaguar Land Rover dan wajib menghentikan produksi Landwind X7.

"Kami menyambut keputusan pengadilan Beijing ini, yang semakin memperkuat kepercayaan kami dalam berinvestasi di China dan pada keadilan kekayaan intelektual di pengadilan China," kata Keith Benjamin, selaku Kepala Hukum Jaguar Land Rover.

Landwind X7. (motor1.com)
Landwind X7. (motor1.com)

"Putusan ini adalah tanda yang jelas bahwa undang-undang telah diterakan dengan tepat untuk melindungi konsumen dan menegakkan hak-hak mereka sehingga mereka tidak bingung atau disesatkan, sambil melindungi investasi bisnis dalam desain dan inovasi," imbuhnya.

Berita Terkait

Berita Terkini