Mobil

Lho, Truk Ini Bisa Hasilkan Pelangi Saat Berjalan

Ternyata di ujung pelangi bukan ada emas, tapi ada truk.

Agung Pratnyawan | Praba Mustika

Ilustrasi Pelangi di Jalan. (Pexels/Loubna Belmekki)
Ilustrasi Pelangi di Jalan. (Pexels/Loubna Belmekki)

Mobimoto.com - Di ujung pelangi ada sebuah gentong berisi emas, itulah penggambaran dalam film kartun atau kisah untuk anak-anak. Namun mitos itu sepertinya akan mulai berubah saat kamu melihat video berikut ini, Sob. Ada sebuah truk yang menghasilkan pelangi saat berjalan. Kok bisa, ya?

Seperti kita ketahui bersama, pelangi tercipta karena terjadi pembiasan cahaya (matahari) oleh butir-butir air. Pada unggahan @liftedtrucksmatter di jejaring Instagram, terlihat sebuah truk yang bentuknya mirip dengan truk molen.

Bedanya, pada bagian belakang truk terdapat sebuah benda yang menonjol yang menyemburkan air. Dapat dilihat juga kalau kondisi cuaca sedang panas cukup terik.

Usut punya usut, truk yang menghasilkan pelangi saat berjalan itu bernama dust control truck atau dust suppresion truck yang berguna untuk membersihkan jalan dari debu dan timbunan material.

Biasanya, truk yang dilengkapi dengan tangki berisi air ini digunakan untuk membersihkan debu dan timbunan material konstruksi bangunan, seperti pembangunan infrastruktur jalan, misalnya.

Kegunaan lain dari truk ini, adalah untuk membuat masa debu di jalan lebih berat, agar tidak terjadi badai debu dan menjaga suhu aspal agar tidak terlalu panas.

Namun yang menarik, karena kondisi cuaca yang terik, truk tersebut pun seolah-olah menghasilkan pelangi, Sob.

Video berdurasi singkat ini pun ditanggapi beragam oleh warganet. Tak sedikit lho, yang takjub karena truk ini benar-benar terlihat seperti mengeluarkan pelangi, bukan menyemburkan air.

''Oh, jadi begitulah cara pelangi dibuat, ngakak,'' kata @seph444.

''Ada sedikit emas di dalam truk itu.'' Komentar @burton_life, mengaitkan dengan mitos ada emas di ujung pelangi.

Wah, keren juga ya, ada truk yang bisa menghasilkan pelangi. Tak cuma keren, tapi truk yang menyemburkan air itu juga banyak manfaatnya, Sob.

Berita Terkait

Berita Terkini