Mobil

Keren, Rambu-rambu Ini Bisa Deteksi Pemobil yang Main Handphone di Jalan

Siapa yang ketahuan langsung dapat kedipan.

Angga Roni Priambodo | Husna Rahmayunita

Ilustrasi rambu-rambu lalu lintas. (unsplash)
Ilustrasi rambu-rambu lalu lintas. (unsplash)

Mobimoto.com - Meski sudah sering diingatkan kalau berbahaya, masih banyak orang yang berkendara sambil bermain handphone. Untuk mencegah hal itu, kepolisian Thames Valley & Hampshire kemudian meluncurkan rambu-rambu pendeteksi canggih.

Dikutip dari laman bbc.com, rambu-rambu tersebut nantinya akan berkedip saat melihat pengendara mobil yang bermain handphone sambil berkendara. Namun begitu, alat tersebut belum bisa menentukan pengemudi atau penumpang yang menggunakan handphone.

Menurut pihak kepolisian, teknologi ini tidak hanya digunakan untuk alat ketertiban tapi juga untuk mendidik pengendara dan mengidentifikasi hotspot yang berbahaya.

Dalam proses penciptaannya, Thames Valley & Hampshire menggandeng Westcotec Ltd. Sementara untuk kegunaannya, telah diuji coba di Norfolk sejak tahun 2018.

Ilustrasi pengendara yang main handphone saat di jalanan. (pixabay)
Ilustrasi pengendara yang main handphone saat di jalanan. (pixabay)

Cara kerjannya pun mudah, rambu-rambu tersebut akan mengambil sinya 2G, 3G dan 4G dari ponsel mengendara. Setelah menemukannya, alat akan berkedip dan mengingatkan pengendara yang mungkin sedang melakukan panggilan, mengirim pesan atau bermain internet sambil berkendara.

Untuk yang akan datang, ada dua rambu-rambu yang akan ditempatkan di Oxfordshire dan di lokasi sekitar Thames Valley & Hampshire. Sementara untuk biaya pemasangannya mencapai 6.000 poundsterling atau sekitar Rp 109,9 juta.

Sekadar tambahan informasi, di Inggris kecelakaan akibat kelalaian pengemudi yang bermain handphone cukup tinggi. Alhasil, pengemudi yang ketahuan bermain handphone sambil berkendara akan didenda Rp 3,6 juta plus enam poin kesalahan dalam lisensi berkendara mereka.

Berita Terkait

Berita Terkini