Mobil

Potret Taksi Online di Saudi Arabia, Beda Banget sama Indonesia

Ada fitur baru yang ditunjukkan untuk pengemudi wanita.

Agung Pratnyawan | Husna Rahmayunita

Ilustrasi pengemudi wanita di Arab Saudi. (Shutterstock)
Ilustrasi pengemudi wanita di Arab Saudi. (Shutterstock)

Mobimoto.com - Sudah bukan hal yang baru, kalau negara Arab Saudi memiliki aturan yang ketat untuk pria dan wanita. Begitu pula dengan Uber, atau taksi online yang di sana.

Ada keistimewaan baru yang ditawarkan kepada pengemudi taksi online wanita di negara Raja Salman. Mereka kini bisa memilih untuk menjemput penumpang wanita saja.

Dikutip dari laman carscoops, Uber memperkenalkan fitur Women Preferred View di Arab Saudi. Fitur tersebut diluncurkan setelah mayoritas pengemudi wanita hanya tertarik untuk mengangkut sesamanya.

Mereka merasa lebih nyaman jika memiliki penumpang sesama wanita. Terlebih, norma budaya lokal juga melarang wanita bepergian tanpa izin mahram (suami atau kerabat laki-laki).

Ilustrasi taksi online. (shutterstock.com)
Ilustrasi taksi online. (shutterstock.com)

"Fitur baru ini akan membuka peluang baru bagi wanita sebagai mitra Uber, sembari memperhatikan norma-norma budaya lokal," kata Abdellatif Waked, General Manajer Uber Timur Tengah dan Afrika Utara.

Sebelumnya, diketahui kalau sempat muncul larangan bagi wanita untuk menyetir mobil di Arab Saudi. Tapi untungnya, larangan tersebut telah dicabut pada Juni 2018.

Dengan transformasi budaya yang baru, para wanita Arab Saudi bisa menikmati kehidupan lebih leluasa.

Di lain pihak, Uber mengaku belum ada rencana untuk menyebarkan fitur Women Preferred View ke negara lain. Tapi, beberapa mitra Uber di negara lain sedang berusaha untuk meningkatkan keamanan. 

Berita Terkait

Berita Terkini