Mobil

Nyetir sambil Mabuk, Hukuman yang Diterima Pemobil ini Ngeri Abis

Mereka akan melakukannya selama tiga bulan.

Angga Roni Priambodo | Husna Rahmayunita

Ilustrasi menyetir sambil mabuk. (Shutterstock)
Ilustrasi menyetir sambil mabuk. (Shutterstock)

Mobimoto.com - Menyetir sambil mabuk menjadi kebiasaan yang membahayakan karena bisa memicu kecelakaan lalu lintas. Sebuah kebijakan baru kemudian dikeluarkan pemerintah Maldova, Eropa Utara yakni meminta pelanggar lalu lintas untuk menginap di kamar mayat.

Dikutip dari laman autoevolution.com, kebijakan tersebut diklaim menjadi cara terampuh untuk memberi efek jera kepada pemobil yang mabuk. Sebab, selama ini hukuman penjara dan menarik lisensi berkendara (SIM) tidak manjur.

Banyak yang terus melakukan aksi menyetir sambil mabuk. Alhasil, pemerintah kemudian menetapkan hukuman baru sejak bulan Desember 2018.

Ilustrasi pria mabuk saat berkendara. (Pinterest)
Ilustrasi pria mabuk saat berkendara. (Pinterest)

Pemobil yang terciduk menyetir sambil mabuk langsung kehilangan hak mengemudi. Setelah itu, mereka harus menunggu keputusan pengadilan untuk melihat jangka waktu penarikan lisensi. Bila kadar alkohol dalam darah lebih dari 0,3 gr/l, pemobil dilarang mengemudi seumur hidup.

Tapi di bulan ini, mereka yang ingin mendapat SIM-nya kembali mendapat hukuman yang lebih berat yaitu menginap di kamar mayat selama tiga bulan atau 12 sesi. Selama mendapat hukuman, mereka akan melihat proses otopsi dan memandikan jenazah yang telah disimpan.

Tercatat, sudah ada 24 orang yang apes kena hukuman tersebut dan enam orang sudah memulainya. Ngeri banget kan? Apakah Indonesia akan meniru kebijakan pemerintah Maldova ini?

Berita Terkait

Berita Terkini