Mobil

Kini Dijual Ratusan Juta, Mobil Ini Pernah Banting Harga

Mobil apakah yang dimaksud?

Angga Roni Priambodo | Husna Rahmayunita

Logo Daihatsu. (Shutterstock)
Logo Daihatsu. (Shutterstock)

Mobimoto.com - Produk-produk otomotif keluaran terbaru kini dibanderol dengan harga yang fantastis. Tapi tak ada salahnya kalau sekadar menegok brosur mobil lawas yang harganya lebih murah dibandingkan sekarang.

Seperti halnya dengan brosur Daihatsu Xenia yang dibagikan oleh akun Facebook Ferry Wahyu Koerniawan pada Senin (10/6). Tampak dari foto yang diunggah, brosur dengan latar belakang berkelir biru.

Brosur itu menawarkan mobil Daihatsu Xenia sebagai minibus super dengan harga terjangkau yakni Rp 60 jutaan. Sayangnya tidak diktehaui pasti brosur itu dikeluarkan pada tahun berapa.

Tak pelak harga yang terbilang terjangkau itu menyita perhatian warganet. Tak sedikit dari mereka yang membandingkan harga zaman dahulu dan zaman sekarang.

"Dulu Rp 60 juta ya banyak banget, di tempatku bisa beli tanah kaplingan banyak, sekarang ya cuma dapat satu. Jadi harga mobil dulu sama sekarang itu sama saja, kan ada inflasi tiap tahun," tulis Mebel Azzam Rabbani.

"Rp 60 juta di tahun 2005 sama dengan Rp 141 juta di tahun 2019 kalau dihitung inflasi, jadi ya nggak beda jauh," komen Bintang Azhar Nafis.

Brosur Daihatsu Xenia Rp 60 jutaan. (Facebook/Ferry Wahyu Koerniawan)
Brosur Daihatsu Xenia Rp 60 jutaan. (Facebook/Ferry Wahyu Koerniawan)

Pun kalau dibandingkan dengan pasaran zaman sekarang, Daihatsu Xenia baru kini dibanderol pada kisaran harga Rp 186 - 228 jutaan sesuai dengan tipe yang diusung. Kendaraan roda empat itu menjadi pesaing Toyota Avanza yang dikenal sebagai mobil sejuta umat.

Ditengok dari spesifikasi teknisnya, Daihatsu Xenia menggendong dua kapasitas mesin. Untuk tipe pertama yakni mesin 1 NR-VE DOHC Dual VVT-i dengan kapasitas bahan bakar 1.329 L, sedangkan tipe mesin 2 NR-VE DOHC Dual VVT-i memiliki kapasitas 1.429 L.

Berita Terkait

Berita Terkini