Mobil

Kangkangi Toyota, Volkswagen Jadi Merek Mobil Terlaris 2019

Sukses pasarkan produk terbanyak pada 2019, Toyota dan Volkswagen punya niat mirip. Apa itu?

Angga Roni Priambodo

Mobil Volkswagen. (digi24.com)
Mobil Volkswagen. (digi24.com)

Mobimoto.com - Volkswagen berhasil mencatatkan diri sebagai perusahaan mobil dengan penjualan terbanyak sepanjang 2019. Dikutip dari AFP, pembuat mobil asal Jerman ini berhasil membukukan penjualan 10,97 juta unit kendaraan.

Pencapaian ini rupanya berhasil melampaui rakasasa otomotif asal Jepang, Toyota Motor Corporation yang mengumumkan penjualan sebanyak 10,74 juta unit kendaraan.

Apa yang telah dicapai Volkswagen sebenarnya menjadi kali kedua setelah 2018 lalu berhasil mencapai posisi puncak dengan total penjualan 10,83 juta unit kendaraan.

Toyota Fortuner, mobil saat banjir
Toyota Fortuner, sebagai ilustrasi salah satu produk Toyota [Dok. PT Toyota Astra Motor].

Kendati demikian, sepanjang 2019 Toyota mengklaim pihaknya berhasil mendongkrak kenaikan penjualan sebesar 1,4 persen dari tahun sebelumnya.

Volkswagen dan Toyota mengatakan bahwa menjadi nomor satu dalam hal penjualan bukanlah sebuah prioritas. Di saat mendatang, kedua perusahaan raksasa otomotif tadi menyatakan bakal fokus terhadap pengembangan produk.

Seperti diketahui, Toyota berhasil menjadi raja otomotif dunia setelah melampaui penjualan General Motors (GM) pada 2018. Sejak saat itu, perusahaan asal Amerika Serikat ini belum juga mampu kembali ke posisi teratas penjualan.

Sementara aliansi Nissan-Renault-Mitsubishi mendapatkan hasil yang lebih kecil dari penjualan tahun lalu sebanyak 10 juta kendaraan.  Penjualan aliansi raksasa itu terus merosot pasca kasus penyalahgunaan keuangan menimpa mantan bos Nissan, Carlos Ghosn.

Suara.com/Manuel Jeghesta Nainggolan.

Berita Terkait

Berita Terkini