Mobil

Keciduk Gak Pake Sabuk Pengaman, Ini Bukti Tilang Elektronik Sangat Canggih

Pengendara mobil gak pakai sabuk pengaman pun tak luput dari pantauan CCTV tilang elektronik

Galih Priatmojo | Gagah Radhitya Widiaseno

Pengendara mobil terciduk gak pakai sabuk pengaman via CCTV (Instagram/sits_dishubsurabaya)
Pengendara mobil terciduk gak pakai sabuk pengaman via CCTV (Instagram/sits_dishubsurabaya)

Mobimoto.com - Seiring perkembangan zaman, banyak teknologi mulai diterapkan di beberapa kota besar salah satunya teknologi tilang elektronik atau bahasa kerennya Electronic Traffic Law Enforcement (e-TLE). Di Jakarta, tilang elektronik sudah mulai diberlakukan di beberapa titik.

Tak cuma di Jakarta, di Surabaya pun tilang elektronik juga sudah mulai diberlakukan. Berbagai kamera CCTV terpasang di setiap sudut kota.

Kamera CCTV di Surabaya memiliki keunggulan salah satunya yang diposting oleh akun Instagram sits_dishubsurabaya. Postingan tersebut menunjukan hasil jepretan kamera yang berada di Jalan Darmo, Surabaya, Jawa Timur (12/02).

Dalam hasil jepretan yang dibagikan tersebut terlihat sepasang pria dan wanita mengendarai sebuah mobil berkelir putih yang tidak memakai safety belt atau sabuk pengaman.

Ilustrasi CCTV tilang elektronik. (suara.com/Bangun Santoso)
Ilustrasi CCTV tilang elektronik. (suara.com/Bangun Santoso)

Hasil jepretan menggunakan kamera CCTV yang mampu menembus kaca mobil dan memperlihatkan pengemudi dan penumpang yang berada di dalam. Kamera CCTV ini memang disebar di beberapa titik untuk membantu pelaksanaan e-TLE di Surabaya.

Dikutip dari situs resmi humas.surabaya.go.id menyebutkan saat ini, Dishub Surabaya telah memiliki kurang lebih 1.200 CCTV yang tersebar. Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini menyebut setiap jarak 15 meter di Surabaya sudah terpasang kamera pemantau.

Diharapkan para pelanggar lalu lintas akan langsung terekam kamera CCTV. Bukan hanya terekam sekejap, CCTV milik Dishub Surabaya juga disebut-sebut sangat canggih karena kamera CCTV yang ditambahkan memiliki fitur Face Recognition, dan 5 unit Speed Camera.

Kecanggihan ini juga digunakan untuk kepentingan pemantauan lalu lintas dan tilang elektronik. Kamera pemantau ini juga dapat dimanfaatkan untuk meminimalisir tindak kriminal.

Jadi jangan lagi sembunyi-sembunyi yak, sudah terbukti canggih kan tilang elektronik di Surabaya.

Berita Terkait

Berita Terkini