Mobil

Miris! Toyota Suntik Mati Dua Model Mobil, Ini Dia Penyebabnya

Akhirnya Toyota Etios dan Etios Liva bakal disuntik mati oleh Toyota India

Irwan Febri Rialdi | Gagah Radhitya Widiaseno

Toyota Etios Liva (autondtv)
Toyota Etios Liva (autondtv)

Mobimoto.com - Pabrikan mobil Toyota dikenal memiliki variasi produk mobil mereka yang beragam, mulai dari sedan hingga SUV. Saking banyaknya model, ternyata penjualan tak bisa dipukul rata.

Ada yang penjualan bernasib positif, ada juga yang justru tenggelam karena ditelan zaman. Seperti yang menimpa kedua model Toyota, yakni Toyota Etios dan Etios Liva.

Dilansir dari GaadiWaadi, Toyota Kirloskar Motor dikabarkan akan menyuntik mati Toyota Etios dan Toyota Liva di pasar India. Dengan begitu, model untuk segmen mobil murah di India dari Toyota tersisa Glanza.

Model konsep Toyota Etios sedan dan hatchback pertama kali dipamerkan saat Auto Expo edisi ke-10. Pada waktu itu, kedua mobil konsep ini mendapatkan sambutan luar biasa positif dari pasar India, sehingga tak lama berselang Etios pun mulai diproduksi pada 2010.

Toyota Platinum Etios (Toyotabharat)
Toyota Platinum Etios (Toyotabharat)

Toyota memproduksi versi sedan yang diberi nama Etios dan versi hatchback yang diberi nama Liva. Kurang dari satu tahun, dua model itu mencapai penjualan ratusan ribu unit.

Karena pencapaian ini, Toyota yakin untuk memperluas pemasaran model ini hingga ke luar India, termasuk Indonesia, Brazil, Afrika Selatan, dan Argentina.

Itu berarti sembilan tahun Etios beredar di pasaran. Selama itu, hanya tiga kali Etios mendapatkan ubahan. Namun, tak terlalu signifikan, bahkan terkesan tak ada yang berubah.

Meski di awal mendapatkan sambutan luar biasa, Etios tak mampu membendung persaingan di segmen mobil compact ini. Pada 2014, pabrikan asal Jepang itu mencoba membuat Etios kembali menarik dengan menghadirkan varian cross.

Namun, ternyata justru hal itu sia-sia saja. Toyota Etios Cross tak mampu mendongkrak penjualan.

Selain itu, predikat mobil aman dari Global NCAP yang memberikan rating 4-bintang Etios pun tak bisa membuatnya menarik lagi. Akhirnya Toyota pun memilih menyudahinya saja.

Berita Terkait

Berita Terkini