Mobil

Intip Deretan Mobil Kepresidenan RI dari Soekarno Hingga Jokowi, Mewah!

Deretan mobil

Gagah Radhitya Widiaseno

Mobil Presiden Soekarno. (Instagram/5_k_w)
Mobil Presiden Soekarno. (Instagram/5_k_w)

Mobimoto.com - Hari ini (17/8/2021), Indonesia merayakan hari kemerdekaan yan ke 76. Pastinya banyak sejarah yang masih terkenang di pikiran kalian, salah satunya mobil kepresidenan

Selama 76 tahun ini, mobil Kepresidenan RI pun sudah mengalami banyak evolusi. Terbukti dari deretan Presiden RI menggunakan mobil yang berbeda-beda dalam menjalankan tugasnya.

Mobil Presiden Soekarno berbeda dengan yang digunakan Presiden Jokowi. Kesamaannya hanya terletak pada kode pelat nomor, yakni RI-1.

Nah, mungkin beberapa orang masih belum mengenal mobil Kepresidenan dari masa ke masa. Berikut rentetan mobil Kepresidenan dari mulai Soekarno hingga Jokowi.

1. Presiden Soekarno

Mobil dengan pelat nomor "Rep 1" di gedung penyimpanan koleksi mobil pusaka di Museum Gedung Joang '45 Jakarta, Jumat (14/8/2020). [ANTARA/Arnidhya Nur Zhafira].
Mobil dengan pelat nomor "Rep 1" di gedung penyimpanan koleksi mobil pusaka di Museum Gedung Joang '45 Jakarta, Jumat (14/8/2020). [ANTARA/Arnidhya Nur Zhafira].

Presiden RI 1 ini menggunakan mobil buatan Amerika Serikat, Buick-8. Mobil Presiden Soekarno itu diketahui merupakan tipe Limited-8, yang dibuat pada 1939.

Buick-8 bukan mobil biasa, di zamannya ini cukup tangguh karena dibenamkan mesin 5.247 cc.

Namun ternyata, Soekarno tak hanya memiliki 1 mobil itu saja tetapi masih banyak yang lain seperti Cadillac 75, Mercedes-Benz 600, GAZ 13, Zil 111, Lincoln Cosmopolitan (imosin cabrio), dan Chrysler Imperial.

2. Presiden Soeharto

Dua Mobil Era Soeharto Jadi Spot Foto Tamu Undangan. (Suara.com/Ummi Hadyah Saleh)
Dua Mobil Era Soeharto Jadi Spot Foto Tamu Undangan. (Suara.com/Ummi Hadyah Saleh)

Perubahan terjadi pada mobil Kepresidenan di era Soeharto. Presiden RI kedua ini menggunakan Mercedes-Benz 500SEL. Mercedes-Benz 500SEL memiliki spesifikasi keamanan tingkat tinggi.

Mobil kepresidenan Soeharto juga telah dilengkapi kaca anti peluru. Bodinya juga dilapisi baja dan platina hitam, sehingga tahan serangan peluru, mortir dan guncangan.

Mercedes-Benz 500SEL mengusung mesin M117.963 8-silinder berkapasitas 5.0L, yang mampu melaju hingga kecepatan 220 kpj.

3. Presiden Habibie, Gus Dur, Megawati

BJ Habibie. (Twitter @bj_habibie)
BJ Habibie. (Twitter @bj_habibie)

Di era kepemimpinan Presiden Habibie, mobil yang digunakan yakni Mercedes-Benz S600. Mercedes-Benz S600 itu juga dibekali kaca dan bodi antipeluru seperti mobil sebelumnya

Mobil ini lalu diwariskan ke Presiden selanjutnya, yakni Abudrahman Wahid alias Gus Dur, dan Megawati Soekarnoputri.

4. Presiden SBY dan Jokowi

Mobil Presiden RI 1
Mobil Presiden RI 1

Mobil Kepresidenan di era SBY dan Jokowi tetap menggunakan Mercedes-Benz. Namun bedanya, mobilnya sudah menggunakan jenis terbaru yakni Mercedes-Benz S600 Pullman Guard.

Mobil ini disebut memiliki lisensi perlindungan B6/B7 yang merupakan standar proteksi keamanan tertinggi dari sebuah mobil.

Ketangguhan Mercy S600 Pullman Guard ini lebih canggih dan tetap mampu menahan tembakan dari senapan, mortir, granat, hingga serpihan ledakan bom.

Tak hanya kaca dan bodi yang antipeluru, ban mobil ini juga masiih bisa dipakai melaju sejauh 60 kilometer dalam kondisi kempes atau bocor.

Mobil ini terbilang cukup berat yakni mencapai 4.200 kilogram. Namun meski berat mobil ini mampu melesat dengan kecepatan puncak 210 kpj.

Berita Terkait

Berita Terkini