Mobil

Biar Makin Tahu, Begini Sejarah Awal Zebra Cross

Marka jalan ini rupanya baru digunakan mulai tahun 50-an.

Cesar Uji Tawakal

Pemotor yang lewati zebra cross kemudian mundur setelah diperingatkan. [YouTube/Majelis Lucu]
Pemotor yang lewati zebra cross kemudian mundur setelah diperingatkan. [YouTube/Majelis Lucu]

Mobimoto.com - Saat ini, pejalan kaki tentu sudah tidak asing lagi dengan zebra cross. Kedengarannya sederhana, tapi marka jalan ini punya sejarah panjang lho.

Zebra cross adalah penanda yang digunakan untuk memperingatkan pengemudi agar mengurangi kecepatan saat pejalan kaki menyeberang. Jalur pejalan kaki biasanya dibangun di gedung sekolah atau gedung perkantoran.

Pada jam sibuk, aman bagi anak-anak dan pejalan kaki lainnya untuk menyeberangi penyeberangan.

Hanya dengan demikian kecelakaan pejalan kaki akan berkurang dan lalu lintas akan selalu aman.

Zebra cross di Jalan Jenderal Sudirman, Balikpapan. [Inibalikpapan.com]
Ilustrasi Zebra cross di Jalan Jenderal Sudirman, Balikpapan. [Inibalikpapan.com]

Pertama kali digunakan di Inggris

Dikutip dari situs resmi Suzuki Indonesia, zebra cross awalnya dibuat dengan warna kuning dan biru. Warna tidak menggunakan cat seperti sekarang, tetapi menggunakan logam. Logam adalah satu-satunya bahan yang digunakan untuk menandai.

Pejalan kaki boleh menyeberang dan menghentikan kendaraan. Namun sayangnya warna kuning-hijau ini tidak mudah terlihat di mata pengemudi.

Banyak orang yang terlambat mengerem setelah melihat penyeberangan, karena masalah ini zebra cross sekarang berwarna putih dan hitam. Tepatnya di mana jalan setapak dimulai pada tahun 1951 di Inggris.

Tingkat kecelakaan lalu lintas pejalan kaki setelah perang meningkat. Meski sebenarnya jumlah kendaraan tidak sebanyak sekarang ini.

Pemerintah yang mengamati hal ini telah mulai bereksperimen dengan menyediakan marka jalan secara teratur. Untuk setiap pengujian, tata letak cakupan jalan menurut lebar jalan adalah yang paling efisien.

Upacara peletakan batu pertama menggunakan penyeberangan laut dilakukan oleh politisi dan perdana menteri Jim Callaghan pada tahun 1951 yang sama. Sejak itu, penyeberangan zebra telah menjadi tengara yang diatur secara ketat.

Berita Terkait

Berita Terkini

Mobil

Kenapa Toyota Avanza Sering Dicuri? Ini Alasannya!

Toyota Avanza, mobil keluarga yang populer di Indonesia, ternyata memiliki angka pencurian yang tinggi. Simak alasan mengapa Avanza menjadi target empuk para pencuri dan bagaimana cara mencegahnya.

Mobil

Kenapa Bugatti La Voiture Noire Sangat Mahal?

Bugatti La Voiture Noire, mobil super dengan desain elegan terinspirasi klasik, performa monster 1.500 hp, dan material terbaik, menjadikannya simbol kemewahan dan kelangkaan otomotif dengan harga fantastis Rp 282,3 miliar