Mobil

Taklukkan Jalan Licin dengan Tenang, Ini Dia Cara Kerja ASC di Mitsubishi XForce

Ini Dia Cara Kerja ASC di XForce

Gagah Radhitya Widiaseno

Mitsubishi XForce (Mitsubishi Motors)
Mitsubishi XForce (Mitsubishi Motors)

Mobimoto.com - PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) telah berhasil menghadirkan Mitsubishi XForce di pasar Tanah Air, dan kini langkah ekspansi telah dimulai dengan ekspor ke Vietnam. Mitsubishi Motors Corporation (MMC) secara resmi mengumumkan memulai ekspor Mitsubishi XForce ke Vietnam sebagai pasar ekspor perdana, dengan rencana peluncuran bertahap ke negara-negara Asean lainnya seperti Filipina, serta ekspansi ke wilayah Asia Selatan, Amerika Latin, Timur Tengah, dan Afrika.

Mitsubishi XForce yang dikirim ke Vietnam telah dilengkapi dengan fitur-fitur canggih, salah satunya adalah Active Stability Control (ASC), yang membantu pengendara dalam mengemudi.

Apa itu ASC?

Bayangkan Anda sedang asyik menjelajah dengan XForce, lalu tiba-tiba melewati tikungan tajam di jalanan basah. Tangan mungkin sedikit "goyang" dan ban berpotensi kehilangan traksi. Di sinilah ASC sigap beraksi. Ia bagaikan otak kedua yang mengendalikan rem dan distribusi tenaga mesin secara otomatis, mencegah mobil tergelincir dan menjaga kestabilannya.

Bagaimana Cara Kerja ASC?

ASC menggunakan sensor canggih untuk memantau kecepatan roda, sudut kemudi, dan gerakan mobil secara keseluruhan. Ketika sistem mendeteksi potensi kehilangan kendali, ia langsung "mengambil alih".

Misalnya, saat ban depan kehilangan traksi di tikungan, ASC akan mengerem roda yang tak perlu dan mengalihkan tenaga ke roda yang memiliki cengkeraman lebih baik. Hal ini membuat mobil tetap berada di jalurnya, seolah Anda memiliki keahlian "drifting" profesional!

Meskipun ASC memberikan keamanan ekstra, pengemudi tetap memiliki kontrol penuh. Terdapat tombol di sisi kanan setir yang memungkinkan ASC dinonaktifkan jika diperlukan, namun, pengemudi akan mendapatkan peringatan di layar MID untuk memberi sinyal jika fitur ini dimatikan.

Saat mobil dimatikan dan dihidupkan kembali, ASC secara otomatis aktif kembali, menjaga keamanan dan kenyamanan perjalanan. Dengan langkah ekspor ini, Mitsubishi XForce semakin menjadi pilihan menarik dengan teknologi canggihnya untuk konsumen di Vietnam dan wilayah sekitarnya.

Berita Terkait

Berita Terkini