Motor

Tsubasa, Kendaraan Pertama yang Dijual Dengan Merek Daihatsu

Nggak nyangka, produk pertama yang dijual Daihatsu dengan merek 'Daihatsu' adalah kendaraan ini.

Angga Roni Priambodo | Praba Mustika

Daihatsu Tsubasa. (Ride Apart)
Daihatsu Tsubasa. (Ride Apart)

Mobimoto.com - Beberapa produsen kendaraan memang punya sejarah yang unik dan berbeda-beda. Ada yang sejak awal berdiri sudah berkonsentrasi pada produksi mobil, ada juga yang dulunya memproduksi pesawat dan kendaraan tempur.

Seperti Daihatsu, yang ternyata pernah memproduksi sepeda motor roda tiga bernama Daihatsu Tsubasa. Kendaraan tersebut, adalah yang pertama kali dijual dengan merek Daihatsu.

Daihatsu didirikan oleh beberapa akedemisi dan profesor di Osaka, Jepang pada 1907. Sejak awal berdiri, Daihatsu memang sudah menasbihkan dirinya sebagai produsen mesin, bangunan, mesin diesel maupun mesin elektrik. Hanya saja, fokus mereka saat itu adalah mesin untuk bidang agrikultur.

Melansir Ride Apart, pada 1920an, barulah Daihatsu memproduksi sebuah kendaraan berjenis motor roda tiga bernama Daihatsu Tsubasa.

Iklan Daihatsu Tsubasa. (Ride Apart)
Iklan Daihatsu Tsubasa. (Ride Apart)

 

Secara resmi, ''Model HA Daihatsu Vehicle'' melakukan debutnya pada 1930, Daihatsu Tsubasa membawa mesin 500cc berpendingin udara, dengan transmisi tiga percepatan.

Daihatsu Tsubasa. (Ride Apart)
Daihatsu Tsubasa. (Ride Apart)

 

Menariknya lagi, motor roda tiga ini merupakan produk kendaraan pertama yang dijual dengan merek Daihatsu, lho.

Tapi sayang, Daihatsu Tsubasa tidak bertahan lebih dari satu tahun, hanya dari Desember 1930 sampai May 1931. Varian berikutnya yang telah mendapat pengembangan dan diberi nama seri HB mulai diproduksi dari 1931 sampai 1937.

Mereka juga berhasil menjual Daihatsu Tsubasa sebanyak 5.000 unit dalam level dan varian mesin yang beragam. Kendaraan ini juga digunakan sebagai pengangkut kargo bobot ringan dalam Perang Dunia 2.

Mesin Daihatsu Tsubasa. (Ride Apart)
Mesin Daihatsu Tsubasa. (Ride Apart)

 

Perjalanan Daihatsu Tsubasa pun berakhir pada 1937, dan tidak kembali lagi setelah Perang Dunia 2 usai. Setelahnya, Daihatsu malah sudah fokus membuat mobil kecil roda tiga.

Pasti kamu nggak nyangka, kalau Daihatsu Tsubasa, sebuah motor roda tiga adalah produk pertama yang dijual dengan merek 'Daihatsu' dan bukan sebuah mobil.

Berita Terkait

Berita Terkini