Tips

Jangan Langsung Menyalakan AC Saat Kabin Mobil Masih Panas

Bukalah jendela sesaat agar udara segar masuk ke dalam kabin mobil, baru menyalakan AC.

Agung Pratnyawan | Praba Mustika

Ilustrasi AC Mobil/pxhere.com
Ilustrasi AC Mobil/pxhere.com

Mobimoto.com - Belakangan ini cuaca sedang panas-panasnya, sob. Kalau kamu sering bepergian naik mobil pasti enak jika menyalakan Menyalakan AC

Buat kamu yang menggunakan mobil mungkin jadi lebih selektif cari tempat parkir, kalau bisa yang rindang jadi mobil nggak langsung terkena sinar matahari.

Karena kalau kamu "menjemur" mobil, bisa dipastikan panas di dalam kabin akan membuat tidak nyaman. Akan cukup merepotkan kalau kamu harus bepergian secara cepat.

Biasanya untuk menyiasati agar suhu dalam mobil lebih dingin, dengan menyalakan AC.

Tapi sob, ternyata langsung menyalakan AC dengan niatan mempercepat pendinginan udara di dalam kabin berbahaya lho.

Dari situs resmi Daihatsu Indonesia, dijelaskan bahwa hembusan AC yang bercampur dengan udara panas di dalam mobil bisa menghasilkan udara yang berbahaya, bahkan jadi salah satu penyebab kanker.

Buka dulu Jendelanya/pxhere.com
Buka dulu Jendelanya/pxhere.com

Menurut sebuah penelitian, radiasi sinar matahari menghasilkan reaksi kimia antara material plastik, dan bahan-bahan yang ada di interior mobil kamu yang kemudian menghasilkan berbagai zat baru, salah satunya adalah Benzena, zat penyebab kanker (karsinogen).

Tidak hanya penyebab kanker, Benzena ini juga bisa memberikan dampak negatif ke tulang, menyebabkan anemia dan menurunkan jumlah sel darah putih. Terlalu sering menghirup zat ini bisa menyebabkan Leukemia juga lho, sob.

Terus solusinya gimana dong? Gampang sob. Sebelum kamu menyalakan AC, biasakan untuk membuka jendela dan pintu mobil terlebih dahulu agar udara segar bisa masuk ke dalam kabin.

Berita Terkait

Berita Terkini