Tips

Ternyata 4 Hal Ini Bikin Mobil Boros Bahan Bakar

Jalanan macet dan servis yang tidak rutin sering jadi kambing hitam borosnya bahan bakar mobil.

Agung Pratnyawan | Praba Mustika

Ilustrasi Boros Bahan Bakar. (pexels.com)
Ilustrasi Boros Bahan Bakar. (pexels.com)

Mobimoto.com - Jalanan macet dan tidak rutin melakukan servis mobil jadi hal yang paling sering disalahkan ketika konsumsi bensin mobil jadi lebih boros dari biasanya.

Selain dua hal itu, kamu juga bisa mengecek empat bagian dari mobil kamu, jika merasa konsumsi bahan bakarnya jadi lebih boros.

Dilansir dari situs resmi Daihatsu, ada empat faktor yang menyebabkan konsumsi bensin mobil kamu jadi lebih boros Sob, apa aja sih?

1. Filter Udara Kotor

Filter Udara Kotor. (yourmechanic.com)
Filter Udara Kotor. (yourmechanic.com)

 

Kalau filter udara di mobil kamu kotor, jadinya aliran udara kurang baik Sob. Nah, hal ini dapat menurunkan performa mobil kamu dan juga lebih boros bensin.

2. Kerak di Ruang Mesin

Mesin Kotor. (driving-test.org)
Mesin Kotor. (driving-test.org)

 

Selain filter udara yang kotor, kerak di ruang mesin juga jadi salah satu faktor kenapa mobil kamu jadi lebih boros bahan bakar.

3. Lubang Nozzle Injector Tersumbat

Ilustrasi Nozzle Injector. (mercedessource.com)
Ilustrasi Nozzle Injector. (mercedessource.com)

 

Mobil zaman sekarang, punya ukuran lubang nozzle injector yang lebih kecil Sob, jadinya mudah tersumbat dan efisiensi bahan bakar jadi menurun.

4. Piston yang Sudah Aus

Ilustrasi Piston Rusak/mgaguru.com
Ilustrasi Piston Rusak. (mgaguru.com)

 

Piston dan piston ring yang sudah terkikis alias aus, bisa berdampak pada performa mesin yang menurun. Sulit menghasilkan tenaga yang maksimal dan malah lebih banyak bahan bakar yang terbuang.

Jadi kalau kamu merasa konsumsi bahan bakar mobil kamu lebih boros dari biasanya, gak ada salahnya untuk bawa ke bengkel dan periksa 4 hal tadi deh, Sob. Semoga membantu ya.

Berita Terkait

Berita Terkini