Tips

Jangan Sembarangan, Ini yang Harus Dilakukan Saat Mobil Overheat

Jangan langsung buka kap mesin, bahaya!

Agung Pratnyawan

Kylie Jenner dengan mobil kesayangan. (carscoops.com)
Kylie Jenner dengan mobil kesayangan. (carscoops.com)

Mobimoto.com - Buat yang sering melakukan perjalanan jauh dengan mobil pasti pernah mengalami over heat. Saat mobil overheat, kamu tidak boleh sembarangan, Sob.

Lalu bagaimana langkah tepat dalam menangani mesin yang overheat. Rahmat Hartono, Kepala Bengkel Maju Motor 2 menyarankan, dalam situasi overheat sebaiknya langsung mesin.

Kemudian, harap didiamkan, jangan langsung langsung membuka dan mengisi air radiator.

''Jika dibuka, maka uap dan air bertekanan tinggi bisa saja terlepas serta membuat luka bakar serius. Jika ingin membukanya, tunggu sampai benar-benar dingin,'' ujar Rahmat, di Bekasi, Selasa (21/8/3018).

Ilustrasi Mobil Susah Distarter. (pexels.com/Slobodan Josic)
Ilustrasi mobil overheat. (pexels.com/Slobodan Josic)

 

Sebab mengisi air pada waktu mesin panas, tambah Rahmat, bisa menyebabkan penurunan suhu yang terlalu cepat. Efek terburuk adalah blok mesin mobil Anda bisa jadi bengkok karena memuai.

''Kalau sudah begitu pasti turun mesin. Biayanya sudah jelas mahal,'' ungkapnya.

Rahmat pun menyarankan, sebaiknya jangan terlalu memaksakan mesin terus bejerja dalam tempratur tinggi. Karena dampaknya bisa merembet ke komponen lainnya.

''Panas mesin yang tinggi bisa menyebabkan beberapa komponen memuai. Kalau jalan jauh ya baiknya istirahat walaupun ada supir pengganti,'' jelasnya.

Tulisan ini sudah dimuat di Suara.com dengan judul Mobil Overheat, Awas Jangan Salah Kaprah!

Berita Terkait

Berita Terkini