Tips

Cara Jitu Hilangkan Bau Asap Rokok dari Kabin Mobil, Ciamik!

Kabin mobil yang bau asap rokok kadang bikin eneg penumpangnya.

Angga Roni Priambodo

Jangan Malas Menjaga Kebersihan Kabin. (Pexels)
Jangan Malas Menjaga Kebersihan Kabin. (Pexels)

Mobimoto.com - Bagi sebagian orang, merokok dalam mobil haram hukumnya, namun bagi sebagian lainnya sih, oke-oke saja. Risikonya, kabin mobil bakal berbau tak sedap alias dipenuhi bau asap rokok. Semua risiko bisa ditanggung sendiri, yang pasti, jangan dibiarkan bau asap rokok di kabin mobil sampai berhari-hari.

Dilansir dari laman resmi Hyundai, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk menghilangkan bau asap rokok pada kabin mobil. Meski prosesnya tidak mudah, tetapi cara ini bisa dilakukan oleh pemilik mobil bila sudah tak tahan dengan bau yang mengganggu itu.

Langkah pertama, singkirkan semua sampah yang ada di dalam kabin, termasuk yang ada di jok dan karpet menggunakan vacuum cleaner. Pastikan proses pembersihan ini benar-benar sempurna sampai tak tersisa sampah sedikitpun. Kemudian, lap bagian interior dengan cairan pembersih.

Untuk mengusir bau rokok dari jok atau karpet, gunakan penghilang bau berbahan enzim. Meski harga di pasaran cukup mahal, namun cukup efektif menghilangkan bau tak sedap karena asap rokok.

Jangan lupa, lakukan juga pembersihan pada sistem sirkulasi udara. Dalam hal ini, pemilik kendaraan tidak perlu membongkar sistem sirkulasi udara pada mobil. Pembersihan cukup dilakukan dengan cara menyemprotkan cairan penetral bau atau pengharum ruangan.

Selanjutnya adalah parkirkan mobil di tempat terbuka dengan menyalakan AC pada mobil dan membuka semua pintu. Ini berfungsi agar sirkulasi udara kembali bersih tanpa ada asap rokok yang mengendap di dalam kabin.

Terakhir, Anda bisa menggunakan bahan-bahan alami yang bisa didapatkan di dapur seperti kopi, vanilla, atau kayu manis untuk diletakkan di kabin mobil.

Selamat mencoba!

Suara.com/ Manuel Jeghesta Nainggolan.

Berita Terkait

Berita Terkini