Mobil

Alasan Kenapa Posisi Kemudi di Indonesia Ada di Sebelah Kanan

Pernah bertanya-tanya kenapa kita mengemudi di sisi kanan dan berjalan di jalur sebelah kiri? Ternyata sejarahnya sudah dimulai sejak zaman Romawi.

Rendy Adrikni Sadikin | Praba Mustika

Ilustrasi Lajur Kiri/pxhere.com
Ilustrasi Lajur Kiri/pxhere.com

Mobimoto.com - Sob, pernah gak bertanya-tanya kenapa sih setir mobil di Indonesia kok ada di sisi kanan? Sementara kalau kita nonton film Amerika, mobil-mobil di sana setirnya ada di kiri?

Persoalan setir kanan atau setir kiri, juga terkait dengan jalurnya juga sob. Indonesia yang posisi kemudinya ada di sebelah kanan maka jalurnya ada di kiri dan sebaliknya.

Mobil dengan Kemudi di Sisi Kanan/pixabay.com
Mobil dengan Kemudi di Sisi Kanan/pixabay.com

Eh tapi sob, gak cuma Indonesia loh yang menganut setir kanan. Beberapa negara tetangga seperti Malaysia, Singapura dan Thailand juga menggunakan lajur kiri.

Kalau di Eropa ada Inggris, Irlandia, Siprus dan beberapa negara lain. Sementara kebanyakan negara Eropa daratan menganut sistem kemudi kiri.

Menurut sejarahnya nih, sob, asal muasal setir kanan itu berhubungan dengan kebiasaan Inggris ketika di bawah kekuasaan Romawi.

Stephen Laing, seorang kurator di Museum Transportasi Inggris di Warwickshire bilang "Hampir semua orang beraktivitas menggunakan tangan kanan. Seperti mengendalikan kuda dengan tangan kiri sementara tangan kanan membawa senjata. Posisi yang ideal untuk bertarung."

Ilustrasi Zaman Romawi/pixabay.com
Ilustrasi Zaman Romawi/pixabay.com

Dari kebiasaan itu, pada tahun 1835, Inggris dan wilayah koloninya mengesahkan undang-undang jalan raya yang menetapkan kendaraan melaju di sisi kiri jalan.

Jika kendaraan melaju di sisi kiri, maka secara alamiah posisi kemudi ada di sebelah kanan.

Kalau negara-negara seperti Australia, Malaysia dan Singapura kan memang dipengaruhi oleh Inggris. Bagaimana dengan Indonesia?

Pada zaman penjajahan Belanda, Indonesia dikenalkan kemudi di sisi kanan. Tapi ketika Belanda dibawah penjajahan Prancis, negeri oranye itu mengikuti sistem kemudi sisi kiri.

Tapi perubahan itu tidak diterapkan di Indonesia, jadi, hingga saat ini kita tetap menganut sistem kemudi di sisi kanan.

Berita Terkait

Berita Terkini