Mobil

Mobil untuk Wisata yang Sulit Hadir di Indonesia

Tidak jarang, ktia melihat mobil RV di film-film Hollywood tapi kenapa jarang sekali kita temukan di Indonesia? Berikut mobimoto sajikan alasannya.

Rendy Adrikni Sadikin | Praba Mustika

Ilustrasi RV/pixabay.com
Ilustrasi RV/pixabay.com

Mobimoto.com - RV atau Recreational Van begitu populer di Amerika dan beberapa negara di Eropa tapi kenapa kendaraan dengan interior seperti rumah berjalan ini tidak populer di Indonesia?

Kelebihan mobil jenis ini adalah akan sangat berguna jika sedang dalam perjalanan panjang karena di dalamnya sudah tersedia beberapa perabotan seperti TV, lemari es, sofa, bahkan ada dapur, toilet dan tempat tidur.

Buat kamu yang pingin memboyong mobil RV ini, baiknya pikir-pikir lagi deh, sob karena ada beberapa faktor yang bikin mobil ini kurang sesuai di Indonesia.

Yang pertama adalah karena faktor infrastruktur di Indonesia yang kurang sesuai untuk mobil berukuran besar ini.

Lebar jalan di Indonesia juga tidak memadai, belum lagi kepadatan penduduk yang akan sangat merepotkan membawa mobil ini di jalanan kota.

Tidak hanya permasalahan lebar jalan dan padatnya penduduk. Kontur jalan yang terjal dan masih banyak jalan rusak dan berlubang juga jadi alasan.

Recreational Vehicle/pixabay.com
Recreational Vehicle/pixabay.com

Urusan maintenance kendaraan dan fasilitas di dalamnya juga jadi faktor yang melengkapi kenapa mobil RV tidak begitu populer di tanah air.

Dan lagi, mobil ini membawa toilet berjalan yang berarti harus diperhatikan kebersihan dan pengelolaan limbahnya.

Selain faktor harga mobil RV yang mahal, beberapa faktor di atas cukup bisa menjelaskan kenapa jarang atau bahkan mungkin tidak kita temui mobil ini di Indonesia.

Berita Terkait

Berita Terkini